Profil Gubernur Papua Lukas Enembe. Tersangka Atas Dugaan Korupsi

- Selasa, 20 September 2022 | 17:20 WIB
Lukas Enembe, tersangka dugaan korupsi (Ilustrasi)
Lukas Enembe, tersangka dugaan korupsi (Ilustrasi)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Gubernur Papua Lukas Enembe telah menjadi tersangka atas dugaan korupsi terkait pembangunan gereja. Saat ini kasus tersebut tengah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mengiringi penetapan itu, terungkap aliran dana hingga setengah triliun rupiah dari mutasi rekening Lukas Enembe ke sejumlah pihak. Yang menghebohkan, di antara penerima transfer dari Lukas Enembe yakni pihak kasino Judi. Temuan itu berdasarkan laporan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Dari temuan itu muncul dugaan, selain kasus korupsi pembangunan gereja, Lukas Enembe diduga tersangkut  kasus korupsi lainnya yang bernilai hingga ratusan miliar.

Baca Juga: Lebih dari 314 Ribu MI di Indonesia Menjalani Asesmen Kompetensi. Ini Tujuannya

Besarnya dugaan korupsi itu membuat publik penasaran dengan sosok Gubernur Papua Lukas Enembe.

Diketahui Lukas Enembe merupakan Kader Partai Demokrat yang berhasil menjabat Gubernur Papua selama 2 periode.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.Com berjudul Jumlah Harta Kekayaan Lukas Enembe, Gubernur Papua yang Jadi Tersangka Kasus Pencurian Uang Rakyat, berikut adalah profil singkat Lukas Enembe.

Lukas Enembe memiliki nama asli Lomato Enembe. Lahir di Kampung Mamit Distrik Kombu, Tolikara, Papua, pada 27 Juli 1967.

Gubernur Papua ini menyelesaikan jenjang pendidikannya di FISIP Universitas Sam Ratulangi, Manado saat berusia 28 tahun.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X