Agar Pekerja Mendapatkan Bantuan Subsidi Upah, Begini Syaratnya

- Jumat, 16 September 2022 | 21:41 WIB
Ilustrasi uang rupiah (Ahmad Taofik)
Ilustrasi uang rupiah (Ahmad Taofik)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada pekerja tahap pertama sudah disalurkan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

Penyaluran BSU itu bertujuan mempertahankan daya beli pekerja atau buruh dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai akibat dari kenaikan harga.

Kendati demikian tidak semua buruh atau karyawan menerima BSU. Penerima BSU hanya diperuntukkan bagi buruh atau karyawan yang memenuhi syarat serta telah lolos verifikasi maupun validasi.

Baca Juga: Dari 16 Juta Pekerja, Hanya 4,1 Juta Orang yang Terima BSU. Ini Masalahnya

Adapun syarat penerima BSU ini antara lain:
1. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan kepemilikan NIK (Nomor Induk Kependudukan);
2. Peserta aktif jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juli 2022; dan
3. Mendapatkan gaji atau upah sebanyak Rp3,5 juta, pekerja atau buruh yang bekerja di wilayah dengan minimum upah provinsi atau kabupaten/kota.

Selain itu penerima BSU diprioritaskan memiliki rekenging bank milik Himbara yaitu BNI, Mandiri, BTN, dan BRI.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah tahun 2022 ini penyaluran BSU diperuntukkan kepadaa pekerja di seluruh tanah air. Kebijakan itu berbeda dengan tahun 2021 yang hanya berlaku di wilayah PPKM 1.

Terkait penyaluran BSU, Ida mengungkapkan saat ini pada tahap pertama, penerima BSU berjumlah sekira 4,1 juta pekerja dari 4,3 juta orang yang ikut seleksi. Angka itu jauh lebih kecil dibandingkan jumlah pekerja yang mencapai 16 juta orang.

“Di tahap pertama ini dari 4,3 juta yang lolos itu 4.112.052 pekerja dan sudah kami selesai kami salurkan pada hari Rabu yang lalu. Semuanya sudah kami salurkan kepada 4.112.052 pekerja,” ujar Ida dalam keterangan pers bersama Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 16 September 2022.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X