Mensos Risma Temukan Sejumlah Panti Disabilitas Psikososial Tak Berijin

- Sabtu, 3 September 2022 | 21:33 WIB
Menteri Sosial Tri Risma Harini (Dok BPMI Setpres)
Menteri Sosial Tri Risma Harini (Dok BPMI Setpres)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Sejumlah panti disabilitas psikososial tidak memiliki ijin pengumpulan uang dan barang (PUB). Hal itu ditemukan Kementerian Sosial (Kemensos) berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan PUB.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan lembaga tersebut hanya memiliki ijin dari Kemenkumham tapi tanpa ijin dari Kementerian Sosial.

"Kita rapatkan, ternyata juga demikian di beberapa balai panti itu mereka ada izin di AHU (Administrasi Hukum Umum) di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM), tapi nggak ada di kita, nggak ada di Kemensos untuk PUB," ujar Risma.

Baca Juga: Meski Harga BBM Naik, Beban APBN Terkait Subsidi Energi Masih Tinggi. Ini Hitungannya

Lebih lanjut Risma mengungkapkan permasalahan panti atau balai tentang perlakuan terhadap orang disabilitas psikososial menjadi sorotan ketika dirinya mengikuti konferensi disabilitas di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu.

"Ternyata setelah kita cek dari akreditasi balai yang kita keluarkan ada kurang lebih 20.000 balai atau panti, yang izin baru tiga untuk PUB, padahal mereka selama ini memungut. Jadi kalau keluarga menyerahkan warganya yang disabilitas psikososial,mereka meminta bayaran Rp2-3 juta," ujar Mensos Risma.

Di sisi lain, Satgas juga menemukan balai atau panti tersebut hanya memiliki izin operasional yang terdaftar di Kementerian Sosial tapi tak terdaftar di Kemenkumham.

"Tapi mereka menyampaikan bahwa banyak pelanggaran HAM untuk penderita psikososial. Mereka ada yang dipasung, dikerangkeng, diikat, padahal nggak boleh seperti itu," ujar dia.

Oleh sebab itu, dalam rapat koordinasi tersebut Mensos Risma mengumpulkan perkumpulan psikiater, organisasi keagamaan, disabilitas hingga psikolog untuk mencari tahu penanganan disabilitas psikososial tersebut.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X