Presiden Jokowi : Indonesia Mendapat Kepercayaan Besar dari Masyarakat Internasional

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:47 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan yang disampaikandi depan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI,  Selasa 16 Agustus 2022. (tangkapan layar youtube DPR RI)
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato kenegaraan yang disampaikandi depan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, Selasa 16 Agustus 2022. (tangkapan layar youtube DPR RI)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Saat ini masyarakat internasional menaruh kepercayaan besar kepada Indonesia. Menyambut kepercayaann tersebut, pemerintah Indonesia terus melakukan reformasi struktural untuk mendukung daya saing dan iklim berusaha. Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM juga terus diperbaiki. Hasilnya pertumbuhan investasi naik tajam, dan lebih dari separoh implementasinya di luar Jawa.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan HUT RI ke 77 dalam Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD di Gedung Nusantara Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Pidato HUT RI ke 77, Presiden Jokowi Sebut Neraca Perdagangan Indonesia Surplus. Ini Angkanya

Menurut Presiden Jokowi, investasi yang masuk lebih banyak untuk hilirisasi dan manufaktur.

“Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri juga terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana saat ini 52 persennya sudah berada di Luar Pulau Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris,” ujar Presiden Jokowi.

Paparan di atas diawali Presiden Jokowi dengan mnyebut keberhasilan Indonesia mengendalikan pandemi Covid 19.

Presiden Jokowi menilai, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh. Seluruh komponen bangsa saling bersinergi dalam upaya penanganan pandemi.

“Masyarakat dusun dan masyarakat kampung saling melindungi dan saling berbagi. Ulama, tokoh agama, dan tokoh adat, aktif mendampingi masyarakat. Organisasi sosial keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat. Tenaga kesehatan, TNI dan Polri, dan jajaran birokrasi saling bersinergi bersama-sama, bergotong royong, dan lembaga-lembaga negara juga mendukung Pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini,” ujarnya.

Baca Juga: Pidato HUT RI ke 77, Presiden Joko Widodo Komitmen Tuntaskan 5 Agenda Besar

Kemampuan dalam mengelola pandemi ini, lanjut Kepala Negara, adalah salah satu kekuatan besar Indonesia dalam mengelola agenda-agenda besar lainnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X