Lebih dari 11 Ribu Anggota Pramuka Ikuti Jambore Nasional di Cibubur

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:59 WIB
Jambore Nasional Pramuka ke 11 tahun 2022 / rri.co.id
Jambore Nasional Pramuka ke 11 tahun 2022 / rri.co.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Setiap 14 Agustus 2022, Indonesia memperingati hari Pramuka. Banyak kegiatan yang digelar untuk menyemarakkan hari pramuka. Salah satunya yang khas yakni kemah atau jambore.

Pada peringatan Pramuka tahun ini terbilang istimewa lantaran berbarengan dengan even Jambore Nasional (Jamnas) ke 11. Diinformasikan Jamnas Pramuka digelar tiap lima tahun sekali yang diikuti perwakilan pramuka dari seluruh Indonesia.

Jambore Nasional (Jamnas) ke-11 berlangsung di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta. Kegiatan tersebut telah resmi dibuka pada Minggu, 14 Agustus 2022 bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menerima Penghargaan Swasembada Beras dari IRRI

Dikutip dari laman rri.co.id Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso, mengatakan Jamnas kali ini bertemakan "Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi".

"Tujuan Jamnas adalah untuk membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang," ujarnya.

Selain itu juga komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka.

Budi mengatakan Jamnas ke-11 dipersiapkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Peserta harus sudah mendapatkan vaksinasi tahap kedua dan menyertakan hasil tes swab PCR/antigen.

Dia menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Pramuka (Mabinas) berhalangan untuk membuka Jamnas ini. "Namun, beliau berjanji akan melihat kegiatan dan datang ke lokasi Jamnas," ujar Budi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X