Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, dari Keluarga Penguasa 3 Daerah hingga Terjaring OTT KPK

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:42 WIB
Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo  (dok)
Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo (dok)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Pemalang. Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan sejumlah orang lainnya ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Mereka terjaring OTT KPK atas kasus dugaan jual beli jabatan dan suap pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Pemalang.

Diinformasikan Agung Mukti Wibowo dilantik menjadi Bupati Pemalang pada 26 Februari 2021.

Baca Juga: Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo Kena OTT KPK. Ini Kasusnya

Pelantikan itu menyusul kemenangannya dalam Pilkada Pemalang 2020. Diusung Partai Gerindra dan PPP Agung dan pasangannya Mansur Hidayat terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pemalang dalam Pilkada 2020.

Agung Mukti Wibowo bukanlah orang baru di Pemerintahan Kabupaten Pemalang. Sebelumnya Agung menjadi wakil bupati Pemalang mendampingi Bupati Junaedi periode 2010 hingga 2015.

Lalu Agung mencoba peruntungan menantang petahana Bupati Junaedi dalam pilkada 2015 tapi kalah.

Tak kapok dengan kekalahannya, Agung kembali maju menperebutkan kursi Bupati Pemalang dalam pilkada 2020, dan menang. Sayangnya baru menjabat 1,5 tahun, Agung terjerat kasus dugaan korupsi.

Baca Juga: Wakil Bupati Memberamo Tengah Diperiksa KPK, Soal Dugaan Suap yang Jerat Koleganya

Keberhasilan Agung Mukti Wibowo tak lepas dari sokongan orang tuanya. Diketahui Agung berasal dari keluarga pengusaha terpandang di Tegal. Boleh dibilang ibunya, Hj Rokhayah, merupakan konglomerat di pantura bagian barat (Tegal dan sekitarnya).

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X