Kedekatan Jokowi Bersama Ganjar dan Erick Dianggap Sinyal Dukungan. Begini Respon PDIP

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:34 WIB
Kehadiran Jokowi, Ganjar dan Erick Thohir menyita perhatian (A.Purwoko/Yogyaline.com/prmn)
Kehadiran Jokowi, Ganjar dan Erick Thohir menyita perhatian (A.Purwoko/Yogyaline.com/prmn)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Solo. Kedekatan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir yang jalan bareng Presiden Jokowi di car free day (CFD) Solo menuai banyak tafsir politik. Banyak kalangan yang menilai Erick dan Ganjar merupakan kuda hitam Presiden Jokowi yang akan meneruskan estafet kepemimpinannya.

Diketahui semalam menjelang mengikuti CFD pada Minggu 7 Agustus 2022 itu, Ganjar dan Erick Thohir turut menghadiri penutupan ASEAN Para Games di Stadion Manahan Solo. Kemudian berlanjut mengikuti CFD Solo pada pagi harinya. Keduanya tampak akrab dan berada di dekat Presiden Jokowi beserta keluarga.

Hal itupun menjadi perbincangan media yang mengaitkan dengan calon presiden pemilu 2024 yang digadang-gadang Prediden Jokowi. Beberapa kalangan bahkan berspekulasi Ganjar dan Erick akan mendapat dukungan dari Presiden Jokowi untuk maju sebagai Capres maupun Cawapres 2024.

Baca Juga: Presiden Jokowi Secara Resmi Menutup ASEAN Para Games XI Tahun 2022

Merespon penilaian itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto menegaskan PDI Perjuangan bakal memutuskan sosok pemimpin berdasarkan ideologi, rekam jejak, hingga kaderisasi.

"PDI Perjuangan menegaskan bahwa yang dicari dari sosok capres dan cawapres 2024 adalah sosok pemimpin bangsa yang kokoh pada jalan ideologi Pancasila; memiliki rekam jejak prestasi yang membanggakan; lahir melalui proses kaderisasi kepemimpinan partai dan memiliki kemampuan profesional di dalam membawa kemajuan bangsa serta berkomitmen untuk melanjutkan kebijakan pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi," papar Hasto Kristiyanto di acara peluncuran buku Suara Kebangsaan dikutip dari laman gesuri.id pada Selasa 9 Agustus 2022.

Lebih lanjut Hasto menilai menilai momen Jokowi jalan sehat bareng Ganjar dan Erick sebagai peristiwa hal yang bisa. PDI Perjuangan menilai memutuskan sosok pemimpin tak dilakukan di pinggir jalan.

"Dengan demikian memutuskan tentang pemimpin tidak dilakukan di pingir jalan; tidak juga dilakukan sambil bersenda-gurau. Semua pertimbangan dilakukan dengan matang penuh dengan hikmat kebijaksanaan," ujar Hasto.

"Karena itulah jalan-jalan sehat yang dilakukan oleh Presiden Jokowi merupakan hal yang biasa, dan tidak terkait dengan kepemimpinan 2024," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X