Jika Gubernur Ganjar Diusung KIB Jadi Capres, Begini Respon Elite PDIP

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:51 WIB
Ganjar Pranowo menilai ancaman Megawati berlaku untuk semua kader PDIP / gesuri
Ganjar Pranowo menilai ancaman Megawati berlaku untuk semua kader PDIP / gesuri

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Pemilihan Umum (Pemilu) masih kurang dua tahun lagi. Namun suhu politik mulai menghangat dengan munculnya koalisi partai politik dan nama-nama bakal calon presiden. Di antara koalisi parpol yang intensif melakukan kerja sama yakni PPP, PAN, dan Golkar yang membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Beredar rumor KIB akan mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Menanggapi rumor tersebut elite PDI Perjuangan Effendi Simbolon mengingatkan agar Ganjar Pranowo menjaga setia pada partai yang memayunginya.

Baca Juga: Bacakan Rekomendasi Rakernas, Ganjar: Capres Hak Prerogatif Ketum PDIP Megawati

Dilansir dari laman gesuri.id pada Jumat 5 Agustuas 2022, Effendi Simbolon mengatakan jika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju diajak nyapres 2024 bersama gerbong KIB maka dipastikan hanya akan melunturkan marwahnya sebagai kader PDI Perjuangan.

"Kalaupun misalnya, Mas Ganjar diajak ke sana (KIB, red). Saya kira kehilangan juga marwahnya," kata Effendi Simbol dalam diskusi Adu Perspektif kolaborasi detikcom dan Total Politik bertema 'Dilema Jokowi, Antara Politik Relawan dan Politik Partai' yang tayang di dikutip dari gesuri.id bersumber detikcom.

Lebih lanjut Simbolon mengingatkan bahwa sebagian besar karir politik Ganjar di PDI Perjuangan. Saat ini Ganjar merupakan kader partai berlambang banteng. Ganjar tercatat sebagai anggota DPR RI, hingga diusung menjadi gubernur Jawa Tengah oleh PDI Perjuangan.

"Mas Ganjar itu besar karena memang di badannya itu melekat warna merah itu. Melekat Marhaenisme. Melekat ideologi dari Soekarnoisme itu," ujar Effendi.

Effendi Simbolon ( Analisadaily)

Ganjar selama ini diketahui masuk ke dalam tiga besar elektabilitas bakal capres 2024 berdasarkan sejumlah lembaga survei nasional. Nama Ganjar bahkan muncul sebagai bakal capres 2024 hasil Rakernas Partai NasDem.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X