Presiden Jokowi akan Kalkulasi Anggaran Terkait Uang Pensiun Purnawirawan

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:48 WIB
Uang Pensiunan TNI Rendah, Jokowi: Saya akan Panggil Sri Mulyani untuk Hitung-hitungan. (Dok/BPMI Setpres)
Uang Pensiunan TNI Rendah, Jokowi: Saya akan Panggil Sri Mulyani untuk Hitung-hitungan. (Dok/BPMI Setpres)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Bogor. Presiden Jokowi menyadari bahwa besaran uang pensiun bagi purnawirawan TNI, utamanya yang berada di wilayah Jabodetabek, masih dirasa kurang. Untuk pensiunan dengan pangkat tamtama berada di angka Rp2,6 juta, pangkat bintara Rp3,5 juta, dan pangkat perwira pertama Rp4,1 juta.

“Saya tahu, saya tahu, apalagi (bagi) yang berada di Jabodetabek angka ini adalah angka yang memang masih sangat kurang,” ujarnya.

Hal itu diakui Presiden Jokowi dalam sambutannya dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Baca Juga: Terkini, Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Meninggal dan yang Sakit

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyebut akan mengkalkulasi kemungkinan untuk peningkatan kesejahteraan para purnawirawan.

“Saya tidak janji karena, tadi saya sampaikan, bahwa APBN kita berada pada posisi yang tidak mudah. Tetapi pulang dari sini saya akan panggil Menteri Keuangan, akan saya ajak hitung-hitungan. Kalau nanti hitung-hitungannya sudah final, akan saya sampaikan kepada Bapak, Ibu, dan Saudara-Saudara sekalian,” ujarnya.

Diketahui saat ini pemerintah memberikan tambahan berupa Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi para purnawirawan TNI, meskipun itu pun masih dirasa kurang. Kepala Negara menyampaikan bahwa saat ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berada pada posisi yang tidak mudah sehingga pemerintah akan berhitung terlebih dahulu sebelum memutuskan kenaikan penghasilan bagi para purnawirawan.

Paparan tersebut diawali dengan ucapan terima kasih Presiden Jokowi atas atas pengabdian para purnawirawan selama aktif bertugas maupun setelah menjadi purnawirawan.

“Saya tahu pengabdian Bapak, Ibu Purnawirawan tidak pernah berhenti. Selama aktif sebagai anggota TNI, selalu berbuat terbaik dalam menjalankan tugas. Dan setelah purnatugas pun, juga tidak pernah melepaskan hati dan pikiran untuk negeri kita yang kita cintai ini. Untuk itu, saya menyampaikan atas nama rakyat dan pemerintah, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi : Pemerintah Subsidi BBM Hingga Rp 502 Triliun. Ini Penyebabnya

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X