Penggunaan Televisi Digital di Seluruh Indonesia Baru 16 Persen. Ini Datanya

- Minggu, 31 Juli 2022 | 13:55 WIB
Ilustrasi tv digital
Ilustrasi tv digital

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Pangkalpinang. Berdasarkan survey MUC Consulting Global, saat ini dari 50 juta keluarga penngguna televisi di Indonesia baru 16 persen yang sudah beralih ke televisi digital.

Hal itu diungkapkan Staf Khusus Menteri Kominfo RI, Rosarita Niken Widyastuti di Pangkal Pinang sosialisasi TV Digital, Sabtu 30 Juli 2022.

Dikutip dari laman rri.co.id, Niken menyampaikan menyikapi situasi tersebut, pihak Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI bersama pihak terkait terus menggencarkan penggunaan Set Top Box (STB) ini agar masyarakat Indonesia siap beralih menangkap siaran TV Digital.

Baca Juga: Tujuh Amalan yang Disunahkan dalam Bulan Muharam. Simak Selengkapnya

"Dan berdasarkan hasil survey MUC pada Maret lalu, kesiapan masyarakat Indonesia menggunakan TV Digital sudah 76 persen. STB itu diberikan oleh lembaga penyiaran, jika masih kurang, pemerintah siap menambah permintaan," kata Niken.

Lebih lanjut Niken menyebut, sosialisasi siaran TV digital didukung DPR RI yang targetnya semua masyarakat mengetahui bahwa pada 2 november 2022 nanti, siaran untuk TV analog sudah dihentikan dan harus beralih ke televisi digital.

Untuk mereka yang ingin menikmati siaran TV Digital dapat menambahkan alat STB yang dapat dibeli di toko elektronik terdekat, namun dalam memilih alat tersebut, harus yang ada sertifikasi Kominfo RI agar nanti mudah disesuaikan dengan TV yang ada.

Baca Juga: Kejagung : Berkas Kasus Penipuan KSP Indosurya Dinyatakan Lengkap

"Masyarakat yang masih menggunakan TV Analog atau TV Tabung dan TV datar model Analog harus menggunakan alat STB ini u tuk bisa menangkap siaran digital. Mereka yang tidak mampu akan kita bagikan gratis, namun yang mampu dapat membeli di toko elektronik terdekat," ujarnya.***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X