Kejagung Hentikan 1.334 Kasus Pidana dengan Restorative Justice. Ini Alasannya

- Minggu, 17 Juli 2022 | 17:00 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin.
Jaksa Agung ST Burhanuddin.

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Restorative Justice menjadi salah satu cara efektif penyelesaian kasus hukum yang ditangani Kejaksaan. Langkah itu dinilai memberi kemanfaatan bagi masyarakat karena mengedepan perdamaian antara tersangka, korban, dan tokoh atau perwakilan masyarakat.

Saat ini Kejaksaan Agung (Kejagung) menggunakan pendekatan restorative justice atas 1.334 kasus. Artinya kasus sejumlah itu telah dihentikan dari penuntutan berdasarkan keadilan restoratif. Langkah tersebut sebagai upaya menyeimbangkan aturan yang berlaku dengan interpretasi hukum yang bertumpu pada tujuan kemanfaatan.

Baca Juga: Pelaku Pelecehan Seksual di KRL yang Viral Sudah Ditangkap Petugas Keamanan

Informasi itu disampaikan Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam Webinar Diskusi Bersama Praktisi 'Restorative Justice, Apakah Solutif?', yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Sabtu, 16 Juli 2022.

"Sampai saat ini, Kejaksaan telah melaksanakan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif terhadap 1.334 perkara tindak pidana umum dari total 1.454 permohonan," ungkap Burhanuddin.

Lebih lanjut Burhanuddin menjelaskan Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif dapat menjadi sebagai salah satu bentuk diskresi penuntutan oleh penuntut umum.

Peraturan tersebut diharapkan menjadi landasan Jaksa untuk melihat dan menyeimbangkan antara aturan yang berlaku dengan asas kemanfaatan yang hendak dicapai.

"Artinya suatu perkara jika diajukan ke Pengadilan tidak hanya semata-mata berdasarkan pelanggaran aturan hukum yang berlaku, namun juga difokuskan pada kemanfaatannya bagi masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Mantan Presiden ATC Ahyudin Diperiksa Bareskrim Selama 12 Jam. Ini Materinya

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X