Perubahan Warna Plat Nomor Kendaraan Dimulai di Tiga Daerah Ini. Terungkap Alasannya

- Jumat, 24 Juni 2022 | 15:27 WIB
Plat putih yang dikeluarkan Polri mempunyai spesifikasi khusus seperti terdeteksi kamera ETLTE. (Korlantas Polri)
Plat putih yang dikeluarkan Polri mempunyai spesifikasi khusus seperti terdeteksi kamera ETLTE. (Korlantas Polri)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Program perubahan warna plat nomor kendaraan dari hitam menjadi putih mulai diberlakukan Korlantas Polri.

Nantinya pelat nomor kendaraan itu berwarna dasar putih dengan tulisan hitam. Dalam waktu dekan ini Korlantas Polri akan memberlakukannya di tiga daerah di Indonesia yang menjadi prioritas. Daerah itu yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara. Pertimbangannya daerah tersebut mulai habis stok plat hitam.

Hal itu disampaikan Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Taslim Chairuddin yang dikutip dari PMJ News pada Jumat, 24 Juni 2022.

"Saat ini material (pelat) sudah cukup banyak yang diproduksi. Kita utamakan wilayah yang materialnya sudah habis, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara," ujar Taslim.

Baca Juga: Bar Holywings Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Penistaan Agama dalam Promonya

Menurut Taslim, penggunaan pelat nomor kendaraan berwarna dasar putih diterapkan di ketiga daerah itu karena material pelat nomor hitamnya telah habis. Sehingga pelat warna putih sudah mulai digunakan.

"Jika material spesifikasi lama habis, maka material baru akan digunakan. Artinya, penggunaan TNKB dengan spesifikasi warna dasar putih dengan tulisan hitam sudah kami mulai," tuturnya.

Taslim menjelaskan, ada beberapa mekanisme untuk masyarakat bisa mendapatkan plat putih. Salah satunya yakni dengan masa plat lima tahunannya itu sudah mulai habis.

"Mekanismenya sama dengan layanan Regident selama ini, berproses secara alami, masyarakat datang minta layanan Regident. Lalu kita gunakan material yang ada, namun kita prioritaskan dulu untuk menghabiskan material stok lama," jelasnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X