Bacakan Rekomendasi Rakernas, Ganjar: Capres Hak Prerogatif Ketum PDIP Megawati

- Jumat, 24 Juni 2022 | 10:45 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat membacakan rekomendasi Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6). (istimewa)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo saat membacakan rekomendasi Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (23/6). (istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Di tengah tingginya elektabilitas survei Calon Presiden, Ganjar Pranowo mengatakan dirinya akan tegak lurus mengikuti keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri. Lebih-lebih Ganjar didaulat untuk membacakan rekomendasi Rakernas II PDI Perjuangan soal mekanisme pencalonan Capres dari partai Banteng Moncong putih itu.

Pembacaan rekomendasi tersebut dilakukan dalam hari terakhir Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Juni 2022.

Awalnya Ganjar menyatakan dalam rekomendasi pertama, partainya menegaskan pentingnya pembumian Pancasila berdasarkan falsafah dan spirit kelahirannya pada 1 Juni 1945.

Baca Juga: Moderasi Beragama Sesuai dengan Ajaran Al Quran. Simak Ulasannya

Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi, falsafah, landasan, dan bintang penuntut seluruh kebijakan strategis pemerintahan serta menjadi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Berkaitan hal tersebut, kurikulum pendidikan nasional di seluruh strata pendidikan harus memasukkan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib," ujar Ganjar.

Ganjar menyebut PDI Perjuangan juga mendukung sepenuhnya upaya pemerintah dalam memulihkan dampak pandemi Covid-19 dengan mempercepat vaksinasi Covid-19, percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, bantuan sosial, hingga stabilitas harga kebutuhan pokok rakyat.

Kader PDI Perjuangan itu melanjutkan PDI Perjuangan mendorong Presiden Joko Widodo meningkatkan sinergi koneksitas dan kerja sama partai politik pengusung pemerintah guna memaksimalkan keberhasilan pemerintah bagi terwujudnya Indonesia yang berdaulat di bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan.

"Rakernas II partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024 berdasarkan keputusan Kongres V partai, AD/ART partai, dan tradisi demokrasi partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Megawati Soekarnoputri," kata Ganjar.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X