Mulai Hari Ini Rabu 18 Kamis 2022 Warga dibebaskan Tanpa Masker, Simak Ketentuannya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 08:06 WIB
Ilustrasi masker.  (Pixabay/OrnaW)
Ilustrasi masker. (Pixabay/OrnaW)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Mulai hari ini, Rabu, 18 Mei 2022, masyarakat Indonesia diperbolehkan tidak memakai masker di tempat terbuka yang tidak padat orang. Namun interaksi dalam ruangan, warga masih diwajibkan memakai masker. 

Selain itu pelaku perjalanan yang menggunakan Kereta Api dan Pesawat dibebaskan dari tes antigen atau PCR.

Menurut Kementerian Kesehatan kebijakan pelonggaran tersebut diberlakukan sebagai transisi pandemi Covid-19 ke status endemi.

Kendati ada pelonggaran, warga masih diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Pelonggaran tersebut diberlakukan mengingat kasus Covid 19 sudah terkendali.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Komitmen Kembangkan Pupuk Organik, Ini Alasannya

Hal itu ditegaskan Presiden Jokowi saat menyampaikan pengumumana kebijakan tersebut. Berikut ini pidato lengkap Presiden Jokowi terkait pelonggaran menghadapi Covid 19.

Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian,
Dengan memperhatikan kondisi saat ini di mana penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia yang semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal.

Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker.

Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X