Ribuan Umat Buddha Gelar Puja Bhakti Waisak di Pelataran Borobudur

- Senin, 16 Mei 2022 | 21:44 WIB
Wamenag Zainut Tauhid saat memberi sambutan dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak, di Candi Agung Borobudur, Magelang, Senin (16/05/2022) (kemenag.go.id)
Wamenag Zainut Tauhid saat memberi sambutan dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak, di Candi Agung Borobudur, Magelang, Senin (16/05/2022) (kemenag.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Magelang. Ribuan umat Buddha menggelar Puja Bhakti Waisak di pelataran Candi Agung Borobudur, Magelang, Jawa Tengah Senin, 16 Mei 2022.

Rangkaian ritual itu dimulai pukul 07.30 WIB dari Candi Mendut. Diawali dengan arakan Pawai Waisak Nasional yang diikuti ribuan jemaah dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur, dilanjutkan Meditasi Waisak yang dilaksanakan tepat pukul 11.13 WIB. Acara utama berlangsung sianh hari yang ditandai dengan pemukulan genta.

Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid.

Saat menyampaikan sambutan, Zainut berharap momentum Waisak ini menjadi kesempatan bagi umat Buddha untuk meneladani ajaran sang Buddha yang senantiasa menyebarkan cinta dan kasih.

"Keteladanan dari Sakyamuni Buddha dalam hal praktik Metta atau cinta kasih universal dapat kita aktualisasikan dalam kehidupan kita agar terwujudnya kehidupan beragama yang lebih moderat dalam bingkai NKRI," ujar Zainut.

Karenanya, Wamenag juga meminta umat Buddha untu memanfaatkan Hari Tri Suci Waisak ini untuk menghormati dan merenungkan segala sifat luhur dari Triratna yaitu Buddha Dharma, dan Sangha.

Baca Juga: Weton Senin Pahing Suka Menyendiri Tapi Disukai Orang Lain, Simak Ulasannya

Di hadapan ribuan umat Buddha, Wamenag menyampaikan, peringatan Tri Suci Waisak juga menjadi momentun untuk mengingat tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna dan kemangkatan Sang Buddha.

Setelah dua tahun tidak dapat merayakan secara tatap muka, ribuan umat yang hadir tampak antusias untuk mengikuti ritual waisak di Candi Agung Borobudur. "Pemerintah telah memberikan ijin kepada umat Buddha di Indonesia untuk melaksanakan perayaan waisak secara langsung atau tatap muka, berbeda dengan 2 (dua) tahun yang lalu mengingat pandemic covid-19," kata Wamenag.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X