Lima Provinsi Ini Dipimpin oleh Penjabat Gubernur yang Ditunjuk Presiden Jokowi

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 22:47 WIB
Mendagri Tito Karnavian bersama lima penjabat gubernur baru / setkab
Mendagri Tito Karnavian bersama lima penjabat gubernur baru / setkab

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Saat ini hingga 2024, lima Provinsi di Indonesia dipimpin Penjabat Gubernur (Pj) lantaran para gubernurnya habis masa baktinya hingga pertengahan Mei 2022. Provinsi itu antara lain Banten, Sulawesi Barat, Papua Barat, Bangka Belitung, dan Gorontalo.

Kepemimpinan Pj gubernur berlangsung hingga terpilih gubernur definitif melalui pilkada serentak pada November 2024.

Berikut ini Penjabat Gubernur yang memimpin kelima provinsi :

1. Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda), Kemendagri, Akmal Malik yang dilantik sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat.
2. Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Paulus Waterpauw sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat.
3. Dirjen Mineral dan Batu Bara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ridwan Djamaluddin sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
4. Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamka Hendra Noer sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.
5. Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten.

Baca Juga: Di Forum KTT ASEAN AS, Presiden Jokowi Serukan Stop Perang di Ukraina

Pj Gubernur ditunjuk oleh pemerintah pusat yang seleksinya melalui Kementerian Dalam Negeri. Kemudian pengangkatannya berdasarkan SK Presiden.

Kelima Pj gubernur di atas ditunjuk berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 50/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 9 Mei 2022.

Mereka sudah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja,Jakarta Pada Kamis, 12 Mei 2022.

Usai melantik Tito berpesan agar penjabat (Pj.) gubernur untuk menjaga stabilitas politik, pemerintahan dan keamanan di daerahnya masing-masing.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X