Menhub Budi Karya Terapkan Firts In First Out untuk Kendaraan yang Masuk Kapal

- Jumat, 29 April 2022 | 14:10 WIB
Update informasi arus Mudik Lebaran 2022 telah terjadi kepadatan di jalur Tol Arteri menuju ke Pelabuhan Merak. (/Pikiran-Rakyat.com/)
Update informasi arus Mudik Lebaran 2022 telah terjadi kepadatan di jalur Tol Arteri menuju ke Pelabuhan Merak. (/Pikiran-Rakyat.com/)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan penyebab kepadatan kendaraan di Pelabuhhan Merak di jalur menuju kapal yang terjadi pada 25 April 2022 lalu. Menurutnya kepadatan disebabkan adanya kendaraan yang sudah berada di area parkir pelabuhan padahal jadwal keberangkatan kapalnya masih agak lama.

“Kemarin terjadi perebutan dulu-duluan masuk ke kapal, tidak sesuai jadwal yang ada. Sehingga orang yang harusnya jadwalnya sudah berangkat malah tidak bisa masuk kapal,” ujar Budi Karya di Semarang, pada Jumat, 29 April 2022.

Mencegah kejadian tersebut tidak terulang, Budi Karya meminta diterapkannya “first in first out” di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Langkah itu diterapkan untuk mencegah terjadinya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke kapal.

Penerapan first in first out artinya, kendaraan yang telah memiliki tiket dengan jadwal keberangkatan lebih awal, adalah yang lebih dulu masuk ke kapal.

Baca Juga: Terungkap Misi Bos Tesla Elon Musk Setelah Jadi Pemilik Tunggal Twitter

Budi Karya minta para pemudik untuk datang ke pelabuhan harus menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan kapal.

“Saya sudah memberikan catatan kepada Dirjen Perhubungan Darat dan Dirut ASDP untuk melakukan perbaikan berkaitan dengan tata kelolanya agar ke depannya dapat berjalan lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, Budi Karya telah meminta untuk dilakukan penambahan dermaga untuk mengurai kepadatan.

“Untuk truk-truk bisa diarahkan ke dermaga Pelindo (Indah Kiat). Kapal yang digunakan adalah kapal besar jadi sekali jalan bisa menampung sekitar 200 kendaraan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: dephub.go.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X