Pemindahan Ibu Kota Negara Ke Kaltim Merupakan Bagian dari Transformasi Struktural

- Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:52 WIB
Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan Nyoman Nuarta dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).  (instagram.com/@jokowi)
Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan Nyoman Nuarta dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (instagram.com/@jokowi)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Sejumlah orang mempertanyakan manfaat dari pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Mereka meragukan adanya dampak positif dengan dilakukan pemindahan IKN itu.

Menjawab keraguan tersebut, Presiden Jokowi memastikan bahwa Pemindahan Ibu Kota Negara bagian dari transformasi struktural.

Baca Juga: Alun-alun Kota Batang Dilengkapi Tank Tempur Buatan Rusia dan Dua Meriam

Lebih lanjut Jokowi menyebut pemindahan tersebut bukan sekadar pindah gedung,lebih dari itu pindah ibu kota merupakan pindah mindset berbasis ekonomi modern.

"Pindah ibu kota adalah pindah cara kerja, pindah mindset dengan berbasis pada ekonomi modern dan membangun kehidupan sosial yang lebih adil dan inklusif," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, 29 Januari 2022, seperti dilaporkan Antara.

Kata Jokowi, ibu kota negara baru akan menjadi showcase transformasi pada pelbagai bidang.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Jokowi: Pindah Ibu Kota adalah Pindah Cara Kerja, Pindah Mindset, belum lama ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahkan menilai, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur dapat dimanfaatkan.

Pasalnya, menurut Anies Baswedan banyak ruang yang bisa dimanfaatkan usai ibu kota negara dipindah.

Sementara itu Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai, pemindahan ibu kota berdampak pada perekonomian di Jakarta.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X