Habib Ali Kwitang Deklarasikan Jadi Bagian dari NU di Hadapan Masyarakat Jakarta

- Kamis, 27 Januari 2022 | 21:24 WIB
Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi, salah satu habaib di Nusantara ( NU Online)
Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi, salah satu habaib di Nusantara ( NU Online)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi atau sebut saja Habib Ali Kwitang merupakan salah satu deretan habaib Nusantara yang terkenal pada abad ke-20.

Tokoh masyhur asal Batavia tersebut ialah putra dari pasangan Al-Habib Abdurrahman Alhabsyi dengan Nyai Salmah. Beliau lahir di Kwitang, Jakarta, 20 April 1870. Beliau juga mendirikan sebuah Majelis Taklim di Kwitang pada tahun 1948. 

Salah satu murid Habib Ali Kwitang memimpin NU Jakarta. Bahkan belian yang merestui berdirinya NU Jakarta.

Baca Juga: KH Ahmad al-Hadi Menentang Kaum Radikal Di Bali, Mendorong Lahirnya NU di Pulau Dewata

Dikutip dari NU Online, organisasi Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta berdiri pada tahun 1928 yang dipimpin KH Ahmad Marzuki bin Mirshod.

KH Ahmad Marzuki bin Mirshod merupakan murid dari Habib Ali Kwitang. Dan atas dasar restu dari Habib Ali Kwitang, beliau mewadahi organisasi AhlusunnahwalJama'ah di ibukota tersebut. Namun sangat disayangkan, pergerakan NU di Jakarta tidak menumbuhkan kemajuan yang berarti.

Hal ini terjadi karna Habib Ali Kwitang tidak ingin terlibat dalam kepanitiaan organisasi. Habib Ali Kwitang hanya memberikan perizinan terkait berdirinya organisasi NU di Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Menawarkan Konsensi Minerba kepada Nahdlatul Ulama

Beliau juga hanya terlihat dalam acara-acara besar seperti kegiatan Muktamar NU ke-7 yang terselenggara di Bandung pada tahun 1932.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X