Wujudkan Desain Ibu Kota Negara (IKN) dengan Metaverse, Ini Tujuannya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 20:51 WIB
Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan Nyoman Nuarta dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).  (instagram.com/@jokowi)
Desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) buatan Nyoman Nuarta dipamerkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (instagram.com/@jokowi)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Desain Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Desainnya sangat menarik perhatian publik. Banyak masyarakat yang penasaran akan perwujudan nyatanya dari desain IKN tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Meresmikan Bendungan Randugunting dan Pasar Johar

Menyikapi hal itu Kementerian Perencanaan Pembangungan Nasional sudah menyiapkan metaverse IKN baru. Tujuannya agar masyarakat dapat memperoleh gambaran riil, mesiki masih imajinatif, wujud IKN.

Hal itu disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat bersama Pansus IKN di Jakarta pada Kamis, 13 Januari 2022.

Pihaknya akan mengimplementasikan desain atau rancangan IKN baru ke dalam bentuk dunia metaverse dalam waktu dekat ini.

"Kita kemarin sudah luar biasa heboh dengan hologram tapi sekarang sudah ada dan kami sedang mempersiapkan IKN bentuk metaverse," kata Suharso Monoarfa.

Perlu diinformasikan dunia metaverse adalah dunian virtual yang dibuat dengan teknologi tiga dimensi yang diyakini sebagai dunia komunitas virtual tanpa akhir yang saling berhubungan.

dikutip Pikiran-Rakyat.com dari ANTARA yang berjudul Menteri PPN soal Ibu Kota Negara Baru: Kami sedang Siapkan IKN Bentuk Metaverse, Suharso Monoarfa menilai metaverse hadir sebagai dampak dari adanya kemajuan teknologi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X