MUI Sesalkan Aksi Pria yang Menendang Sesajen Seraya Takbir di Gunung Semeru

- Senin, 10 Januari 2022 | 21:08 WIB
Ketua MUI Cholil Nafis menyesalkan aksi seorang pria yang menendang dan membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru.  (Instagram.com/@cholilnafis)
Ketua MUI Cholil Nafis menyesalkan aksi seorang pria yang menendang dan membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru. (Instagram.com/@cholilnafis)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Viralnya video yang menayangkan seorang pria yang seraya takbir menendang sesajen di kawasan Gunung Semeru disesal sejumlah pihak.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis salah satu pihak yang menyesalkan aksi pria yang menendang sesajen itu.

Baca Juga: Operasi Perubahan Kelamin akan Dibahas dalam Muktamar NU ke 34

Melalui akun Twitter pribadinya, Cholil Nafis menilai aksi pria tersebut tidak menghargai adat istiadat dan keyakinan orang lain.

Selain itu Cholil Nafis mengingatkan agar penyampaikan dakwah di masyarakat dilakukan dengan lembut bukan merendahkan.

"Dakwah itu mengajak dengan hikmah bukan menginjak dan merendahkan," kata Nafis.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @cholilnafis pada Senin 10 Januari 2022 yang berjudul Ketua MUI Geram dengan Aksi Pria Tendang Sesajen di Semeru: Tak Dibenarkan Merendahkan Budaya Orang Lain, Nafis menegaskan dirinya tidak membenarkan tindakan pria yang menendang sesajen karena merendahkan keyakinan orang lain.

"Soal sesajen itu bisa karena keyakinan bisa karena budaya. Tapi apapun alasannya tak dibenarkan merendahkan keyakinan atau budaya orang lain," tulis Cholil Nafis.

Senada dengan Ketua MUI Cholil Nafis, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq juga mengaku geram dengan tindakan pria yang ada di dalam video viral tersebut.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X