Saat Menjabat Presiden, Megawati Perlakukan Mantan Presiden Suharto secara Manusiawi, Ini Pertimbangannya

- Senin, 10 Januari 2022 | 19:35 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara virtual dari kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat hari ini (Istimewa)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat meresmikan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara virtual dari kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat hari ini (Istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Selama menjadi Presiden, Megawati Sukarnoputri tidak mengusut tuntas kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan mantan Presiden Suharto. Bahkan Megawati nampak memberi jaminan kenyamanan bagi mantan penguasa orde baru tersebut.

Baca Juga: Satgas BLBI Menyita Aset Tommy Soeharto Senilai Rp 600 Milyar

Megawati mengambil langka tersebut dengan pertimbangan bahwa tidak boleh ada dendam terhadap mantan Presiden Suharto. Padahal sejarah mencatat semasa berkuasa, Presiden Suharto telah menzalimi mantan Presiden Sukarno.

Dalam ceramahnya pada Senin, 10 Januari 2022, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkapkan alasannya untuk tidak memperlakukan penguasa Orde Baru (Orba) Soeharto secara tidak manusiawi, ketika dirinya menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) 2001-2004.

Padahal, ujar Megawati, saat itu pimpinan Komnas HAM meminta dirinya selaku Presiden menuntaskan berbagai kasus Pelanggaran HAM di masa Orba.

Hal itu dikatakan Megawati dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia di Jakarta, Senin, 10 Januari 2022.

Bimtek ini digelar mulai 8 Januari sampai dengan 10 Januari 2022.

"Saya katakan ketika itu pada pimpinan Komnas HAM, dulu bapak saya (Bung Karno) diperlakukan tak manusiawi. Dijadikan tahanan dan sebagainya," ujar Megawati.

"Namun, saya tetap tidak ingin membalas dendam," tegasnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X