Megawati Sukarnoputri : Indonesia Selaku Presidensi G20 Harus Mengusung Semangat To Build The World A New

- Senin, 10 Januari 2022 | 19:16 WIB
Megawati saat Pidato secara virtual HUT PDI Perjuangan (gesuri.id)
Megawati saat Pidato secara virtual HUT PDI Perjuangan (gesuri.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin menggelorakan semangat 'To Build The World A New' dalam kepemimpinan di organisasi G-20. Hal itu disampaikannya dalam pidato puncak perayaan HUT PDI Perjuangan ke-49, Senin, 10 Januari 2022.

Baca Juga: Komnas HAM Desak RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Segera Disahkan

"Kepercayaan dunia internasional atas kepemimpinan Indonesia di G-20. Presidensi Indonesia ini menggelorakan kembali apa yang dimaksud oleh Bung Karno dengan To Build the World a New," kata Megawati.

Lebih lanjut Megawati mengingatkan, untuk menyuskseskan agenda tersebut Indonesia sudah memiliki modal Pancasila.

Sebagimana tercatat dalam sejarah, pada 30 September 1960, Soekarno berpidato di Gedung PBB, di New York, Amerika Serikat. Dalam pidato berdurasi sekitar 90 menit itu, Soekarno menyampaikan pidato yang bersemangat. Isinya menelanjangi habis-habisan sistem atau konsep yang dibangun oleh Barat selama berabad-abad serta dampaknya pada keberlangsungan dunia.

Baca Juga: Bahar Smith Ditetapkan Sebagai Tersangka oleh Penyidik dan Ditahan

Pidato itupun dianggap menggemparkan dunia pada saat itu. Sebab Soekarno mendorong kesetaraan hak dan kewajiban antara semua negara di dunia. Dan mengajak agar dunia baru yang lebih adil dibangun. ***

(Elva Nurrul Prastiwi/gesuri.id)

 

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X