Presiden Jokowi masih Menugasi Pertamina mendistribusikan BBM Jenis Premium

- Minggu, 9 Januari 2022 | 21:25 WIB
SPBU (gesuri.id)
SPBU (gesuri.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Beberapa waktu lalu Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menggulirkan wacana penghapusan BBM jenis petralite.

Kenyataannya wacana itu urung diwujudkan lantaran Presiden Jokowi masih mengijinkan Pertamina mendistribusikan BBM jenis premium dan petralite.

Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2021 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak atau BBM. Ini merupakan perubahan ketiga dari Perpres 191 Tahun 2014.

Sebelumnya, perubahan pertama dilakukan lewat Perpres 43 Tahun 2018 dan kedua lewat Perpres 69 Tahun 2021. Beleid terakhir juga baru diteken Jokowi lima bulan lalu, yaitu 3 Agustus 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Mencabut 2.078 Ijin Tambang dan 192 Ijin Kehutanan, Ini Penyebabnya

Menanggapi perpres tersebut, Ahok menyatakan siap menjalankannya. Hal itu disampaikan Ahok pada awal Januari 2022 lalu. Ahok juga menyebut bahwa penggunaan BBM jenis Pertalite hingga saat ini sudah mencapai 80 persen. Pernyataan tersebut sekaligus merespon anggapan bahwa Perpres Nomor 117 Tahun 2021 memberikan kompensasi pemerintah kepada Pertamina, khususnya penjualan Pertalite atau RON 90.

Dalam perpres terabaru memuat ketentuan Pertamina masih mendistribusikan premium atau RON 88.

Ketentuan itu ada pada pasal-pasal berikut ini. (2) Jenis BBM Khusus Penugasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 huruf b merupakan BBM jenis Bensin (Gasoline) RON minimum 88 untuk didistribusikan di wilayah penugasan.

(3) Wilayah penugasan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X