Sejak Pandemi Covid-19, Rombongan Perdana terdiri atas 419 Jamaah Umroh telah Diberangkatkan

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 16:58 WIB
Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur akan difungsikan sebagai tempat karantina jemaah umrah. Berikut penjelasan Kemenag.  (Twitter.com/@KemenkeuRI)
Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur akan difungsikan sebagai tempat karantina jemaah umrah. Berikut penjelasan Kemenag. (Twitter.com/@KemenkeuRI)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Masyarakat Indonesia yang akan menjalankan ibadah umroh saat ini sudah dapat mewujudkannya. 

Kepastian itu ditandai dengan diberangkatkannya 419 calon jemaah umrah ke tanah suci Mekah oleh Kementerian Agama (Kemenag) baru-baru ini. Rombongan itu merupakan jamaah umroh perdana yang diberangkatkan sejak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Harusnya MUI Sebagai Pemberi Fatwa dan Pemeriksa Halal Saja, Sedangkan Sertifikasi Halal oleh Lembaga Lain

Mereka juga yang pertama mengikuti prosedur kebijakan satu pintu pemberangkatan Jamaah umroh sehingga kepatuhan terhadap protokol kesehatan dapat dipantau dengan maksimal.

Kebijakan satu pintu atau one gate policy dilakukan sebagai upaya meminimalisasi potensi terjadinya penularan Covid-19.

Dengan kebijakan satu pintu itu semua proses tentang pemeriksaan kesehatan, tes usap PCR, pengecekan status vaksinasi, keimigrasian, hingga pengurusan dokumen lainnya dilakukan secara terpusat.

Dampak sertaan penerapan one gate policy menjadikan para calon jemaah tertib administrasi.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Sabtu, 8 Januari 2022 yang berjudul Lepas 419 Calon Jemaah Umrah, Kemenag Minta Semua Pihak Patuhi Kebijakan Satu Pintu, Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief meminta sejumlah pihak untuk mendukung penerapan satu pintu yang diberlakukan bagi jemaah umrah.

Dia juga mengingatkan operator penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) untuk mematuhi kebijakan tersebut.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X