KNKT : Untuk Cegah Kecelakaan, PT Transjakarta Perlu Departemen Menejemen Resiko dan Jaminan Keselamatan

- Rabu, 22 Desember 2021 | 19:17 WIB
Kondisi busway transjakarta pasca kecelakan  (Instagram/@berbagiinfo_news)
Kondisi busway transjakarta pasca kecelakan (Instagram/@berbagiinfo_news)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Akhir-akhir ini bus Transjakarta sering mengalami kecelakaan yang merusak kenyamanan warga. Oleh karena itu PT Transjakarta perlu membentuk departemen khusus yang memiliki tugas dan fungsi untuk mengelola manajemen risiko serta mengelola jaminan keselamatan.

Simpulan itu dikemukakan oleh Ahmad Wildan, Plt. Kasubkom IK LLAJ Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Rabu, 22 Desember 2021. Simpulan itu dikemukakan secara virtual dalam konferensi pers Pembahasan Hasil Evaluasi KNKT terhadap PT Transjakarta.

KNKT telah melakukan evaluasi sistem yang ada di PT Transjakarta setelah rentetan kecelakaan yang terjadi sejak akhir Oktober 2021 ini.

Baca Juga: Busnya Sering Kecelakaan, PDIP: Soroti Direktur PT Transjakarta yang Pegiat LSM

Lebih lanjut Ahmad Wildan mengungkapkan bahwa komite transportasi menyoroti PT Transjakarta terkait manajemen risiko, kelaikan armada, kesiapan awak, dan keamanan rute atau lintasan.

"Saat ini unit serupa seperti itu sudah ada, namun masih terlalu kecil, Sehingga perlu ditingkatkan," katanya.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Rentetan Kecelakaan Transjakarta, KNKT Soroti Keamanan Rute hingga Kelaikan Armada, Wildan menyampaikan bahwa setelah dilakukan evaluasi mendalam dan komprehensif, TransJakarta perlu melakukan peningkatan terhadap standar prosedur yang digunakan yang dijalankan departemen khusus.

Kemudian bus yang digunakan Transjakarta diperlukan satu standar yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan atau dinamika teknologi tersebut.

Adapun terkait dengan keselamatan rute atau lintasan, KNKT bersama manajemen Transjkarta telah melakukan pemetaan terhadap 13 koridor lintasan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X