Usai Resmikan Bendungan Tugu dan Gongseng, Jokowi Ngobrol Bareng Petani di Sawah

- Selasa, 30 November 2021 | 21:17 WIB
Presiden Jokowi bersama Bupati Trenggalek di sesela  meresmikan Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek, pada Selasa 30 November 2021.   (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi bersama Bupati Trenggalek di sesela meresmikan Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek, pada Selasa 30 November 2021. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Trenggalek. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro pada Selasa, 30 November 2021.

Bendungan Tugu berada di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Trenggalek, tepatnya di samping ruas jalan nasional Trenggalek-Ponorogo. Bendungan itu memakan biaya sebesar Rp 1,69 triliun dari APBN. Pembangunannya dillaksanakan oleh Kementerian PUPR sejak Januari 2014.

Dari data Kementerian PUPR, bendungan itu memiliki kapasitas 12 juta meter kubik dengan luas area genangan mencapai 41,8 hektare. Bendungan ini diproyeksikan akan mampu mereduksi potensi banjir di Trenggalek serta sebagai sarana irigasi untuk 1.250 hektare lahan.

Peresmian ini ditandai penandatanganan prasasti. Jokowi berharap Bendungan Tugu ini bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan

Sedangkan bendungan Gongsen diresmikan Presiden Joko Widodo secara daring. Bendungan Gongseng berada di di Dusun Gangseng, Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang, Bojonegoroini menempati di atas lahan 390,6 hektare.

Pembangunan Bendungan Gongseng menelan biaya sebesar Rp 578 miliar. Bendungan ini memiliki daya tampung air sebanyak 22,43 juta m3 air.

Bendungan Gongseng dapat menyediakan air baku sebesar 300 liter/detik serta mampu memenuhi kebutuhan irigasi sawah seluas 6,191 hektar.

Presiden Jokowi memastikan bahwa kedua bendungan yang baru diresmikan itu telah siap untuk dimanfaatkan untuk mendukung ketahanan pangan.

Selain itu kedua bendungan tersebut juga bermanfaat untuk penyediaan air baku,berpotensi menjadi sumber tenaga listrik, serta mereduksi banjir.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X