Gubernur Sulsel Nonaktif Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara

- Selasa, 30 November 2021 | 16:02 WIB
Terdakwa Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif, Nurdin Abdullah.  (Antara/Reno Esnir)
Terdakwa Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif, Nurdin Abdullah. (Antara/Reno Esnir)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Makasar. Gubernur Sulawesi Selatan nonaktif Nurdin Abdullah mendapat hukuman penjara 5 tahun dan tidak memiliki hak politik selama 3 tahun. Putusan itu diketuk oleh Majelis Hakim Tipikor Makassar pada Senin, 29 November 2021.

Hakim menilai, Nurdin Abdullah terbukti menerima suap gratifikasi senilai 350.000 dolar Singapura dan Rp8,087 miliar.

Meski demikian hakim mengganjar perbuatan Nurdin Abdullah dengan hukumana penjara dangan masa hukuman yang lebih ringan daripada tuntutan Jaksa.

Dalam penuntutan Jaksa meminta hakim menghukum Nurdin Abdllah 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta atau subsider 6 bulan penjara. Akan tetapi majelis memvonisnya 5 tahun. Selain itu majelis hakim juga mencabut hak politik Nurdin Abdullah selama dua tahun sejak putusan dibacakan.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com bersumber antara yang berjudul Hukuman Penjara Nurdin Abdullah Lebih Ringan, Hakim: Terdakwa Punya Tanggungan yang Perlu Dinafkahi, hakim menjelaskan hal yang meringankan hukuman Nurdin Abdullah adalah terdakwa belum pernah dihukum hingga punya keluarga yang perlu dinafkahi.

"Hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, punya tanggungan keluarga yang perlu dinafkahi," kata hakim, Senin, 29 November 2021 malam, dikutip dari Antara.

Selain itu, Nurdin dinilai berskikap sopan dan kooperatif serta tak menganggu persidangan.

"Sopan dan kooperatif serta tidak pernah bertingkah dengan macam-macam alasan yang mengakibatkan persidangan tidak lancar," ujar hakim.

Sementara, adapun hal yang memberatkan Nurdin Abdullah adalah perbuatannya yang bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X