Presiden Jokowi: Aktivitas Ekonomi Masyarakat Sudah Normal Seperti Sebelum Covid 19

- Kamis, 25 November 2021 | 18:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).  (Dok. Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok. Setpres)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Kondisi Pandemi masih menyelimuti Indonesia dan dunia. Kendati demikian roda ekonomi mulai membaik semenjak adanya pelonggaran mobilitas masyarakat. Simpulan itu mengemuka jika dikaitkan dengan tren perdagangan yang membaik.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini aktivitas ekonomi masyarakat Indonesia telah kembali pada posisi normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Data retail and sales index sudah mulai merangkak naik dan menguat seiring dengan pelonggaran mobilitas.

“Kalau kita lihat di urusan konsumsi, indeks keyakinan konsumen sudah kembali pada posisi normal kembali seperti sebelum pandemi. Kemudian juga retail and sales index juga sudah mulai merangkak naik menguat seiring dengan pelonggaran mobilitas,” kata Jokowi.

Meski demikian Presiden Jokowi menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap ketidakpastian global yang tengah terjadi.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan Kementerian Keuangan, capaian pajak, bea dan cukai terpantau berjalan dengan baik.

Paparan itu disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2021 di Grand Ballroom Hotel Fairmont Jakarta Pusat pada Rabu, 24 November 2021.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh sejumlah Menteri bidang perekonomian antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah Teten Masduki.

Di samping itu 3 menteri nonperekonomian juga turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Pejabat lainnya juga nampak dalam pertemuan itu antara lain Ketua BPK Agung Firman Sampurna, Ketua OJK Wimboh Santoso, dan Panglima TNI Andika Perkasa.***

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X