Megawati Sukarnoputri : Misi BRIN Melakukan Penelitian untuk Bangsa

- Senin, 22 November 2021 | 20:29 WIB
Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Soekarnoputri.  (Antara/Akbar Nugroho Gumay via pikiran rakyat)
Ketua Dewan Pengarah BRIN, Megawati Soekarnoputri. (Antara/Akbar Nugroho Gumay via pikiran rakyat)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Sejumlah pihak meragukan kemampuan Megawati Sukarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Lantaran dirinya bukan dari kalangan akademisi.

Rupanya keraguan itu disadari Megawati. Hal itu diungkapkannya saat memberi sambutan di acara Forum Komunikasi Riset dan Teknologi yang tayang di kanal Youtube BRIN Indonesia pada Jumat, 19 November 2021. Di chanel itu Megawati mengungkapkan alasannya mau menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Katanya, kenapa Ibu Mega masuk jadi Ketua Dewan Pengarah? Kan bukan seorang akademisi. Saya garuk-garuk kepala," ujar Megawati.

Mantan Presiden itu mengisahkan, saat Jokowi memintanya menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN, Jokowi tidak menginginkan BRIN hanya melakukan riset sekadar untuk tujuan penelitian saja, lebih dari itu lembaga penelitian harus bernilai kebangsaan.

"Jadi menurut Bapak (Jokowi), itu bukan sekadar riset? 'Tidak!' katanya. 'Research for nation (riset untuk bangsa)'. Kalau itu saya cocok," kata Megawati.

"Nanti yang namanya BRIN ini menjadi membumi. Sejalan dengan ideologi Pancasila. Mohon diingat," kata Megawati.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com bersumber Youtube BRIN yang berjudul Megawati Patuh ke Jokowi Saat Diminta Urus BRIN, Terungkap Misi yang Dititipkan Presiden, Megawati menyatakan dirinya menerima tawaran menjadi ketua Dewan Pengarah BRIN demi mewujudkan misi penelitaan untuk bangsa.

"Masak saya membantah Presiden. Baik, pak, saya laksanakan. Untuk menyambungkan yang namanya BRIN ini menjadi membumi, sejalan dengan ideologi Pancasila," kata Megawati

Sebagaimana diketahui bersama, Megawati dilantik sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN pada 13 Oktober 2021. Selain Megawati, ada 9 orang lain yang ditetapkan sebagai Dewan Pengarah BRIN.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X