Dandim : Amunisi dan Senjata Api KKB dipasok dari Papua Nugini

- Senin, 22 November 2021 | 09:55 WIB
Ilustrasi KKB.  (Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)
Ilustrasi KKB. (Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Papua. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua masih sering melakukan penyerangan ke aparat TNI maupun warga. Terkini mereka menyerang Koramil Suru-suru pada Sabtu, 20 November 2021. Diduga KKB masih bisa melakukan penyerangan dengan senjata api karena mendapat pasokan amunisi dan senjata api. Diduga pasokan amunisi mereka berasal dari Papua Nugini.

Dugaan itu disampaikan Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Cristian Irreuw. Dia menduga bahwa KKB pimpinan Tendius Gwijangge mendapat pasokan amunisi dan senjata api dari Papua Nugini (PNG).Pasalnya KKB mampu melakukan tembakan cukup lama ketika menyerang Koramil Persiapan Suru-suru Sabtu kemarin.

Lebih lanjut Dandim 1715 Letkol Inf Cristian Irreuw menuturkan bahwa dirinya mendapat laporan bahwa kontak tembak di Suru-suru berlangsung dari pukul 6.00 WIT hingga 12.00 WIT.

"Memang ada indikasi KKB mendapat pasokan dari PNG, sehingga kontak tembak cukup lama seperti yang terjadi di Koramil Persiapan Suru-suru, Sabtu," kata Letkol Inf Cristian Irreuw.

Kendati demikian dia belum bisa memastikan kekuatan senjata api yang digunakan KKB dan kondisi korban ketika kontak senjata tengah terjadi.

“Kontak tembak cukup lama, tetapi belum diketahui jumlah, kekuatan senjata yang digunakan saat itu, dan dipastikan apakah kedua korban tertembak ketika berada di Koramil atau di luar,” katanya.

Letkol Inf Cristian Irreuw telah meminta anggota Koramil membuat laporan secara terperinci terkait baku tembak antara KKB dengan Koramil Suru-suru.

"Saya sudah minta anggota Koramil membuat laporan lengkapnya," kata Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Cristian Irreuw.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com bersumber Antara, yang berjudul KKB Dapat Pasokan Amunisi dan Senjata Api Dari Papua Nugini, Dandim: Hasil Menjual Emas, dia juga mengatakan bahwa dari informasi yang diterima senjata api dan amunisi KKB dibeli dari hasil menjual emas hasil pendulangan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X