Dua Pesawat Airbus A400M dipesan Kementerian Pertahanan RI untuk TNI AU

- Kamis, 18 November 2021 | 22:15 WIB
Pesawat Airbus A400-M  (Reuters/Fabrizio Bensch)
Pesawat Airbus A400-M (Reuters/Fabrizio Bensch)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Pada Laman Resmi Airbus, Kamis, 18 November 2021 memberitakan Kementerian Pertahanan Indonesia telah memesan dua pesawat Airbus A400M dalam konfigurasi multirole tanker dan transportasi dari Pabrik Pesawat Prancis .

Menurut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dua pesawat itu digunakan sebagai pesawat cargo yang mengangkut logistik untuk keperluan penting salah satunya penanggulangan bencana.

Lebih lanjut Prabowo memastikan bahwa kehadiran dua pesawat A400M itu akan meningkatkan kemampuan taktis TNI AU dalam transportasi kargo berat.

“A400M adalah platform yang benar-benar multi-peran dan akan sangat meningkatkan kemampuan taktis udara-ke-udara TNI AU," kata Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dikutip dari Defence.

"Pesawat ini akan memainkan peran kunci dalam misi utama lainnya termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat," ujarnya.

Prabowo mengatakan bahwa pesawat A400M akan menjadi aset nasional dan landasan misi Bantuan Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana, di luar kemampuan taktis dan udara-ke-udara.

Dikutip dari Pikiran-rakyat.com bersumber Laman Resmi Airbus yang berjudul Prabowo Subianto Pesan 2 Pesawat Militer Airbus A400M, Tambah Kemampuan Taktis TNI AU,  disebutkan kontrak yang berlaku efektif pada 2022 akan membawa jumlah total operator pesawat A400M ke sepuluh negara.

"Pesanan baru ini akan semakin memperluas jejak (pesawat) A400M di kawasan Asia-Pasifik," kata CEO Airbus Defense and Space.

"A400M menawarkan kemampuan luar biasa ke Indonesia, menyediakan angkatan udaranya dengan platform yang sempurna untuk mengirimkan muatan besar dan berat ke daerah-daerah terpencil dan melipatgandakan proyeksi kekuatan udaranya berkat kemampuan pengisian bahan bakar udara yang andal," ujarnya menambahkan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X