KPK Akan Memeriksa Saksi Kasus Dugaan Korupsi Formula E DKI Jakarta

- Rabu, 10 November 2021 | 16:05 WIB
Logo di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).  (ANTARA/Bernardy Ferdiansyah via pikiran rakyat)
Logo di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA/Bernardy Ferdiansyah via pikiran rakyat)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Terkait dugaan korupsi Penyelenggaraan Formula E DKI Jakarta, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksan sejumlah saksi. Diharapkan para saksi memenuhi panggilan Penyidik KPK dan mereka tidak melindungi pihak lain yang diduga melakukan tindakan korupsi. Hal itu disampaikan Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 10 November 2021.

Ali Fikri menyampaikan bahwa pemeriksaan itu dilakukan untuk menemukan titik terang kasus Formula E DKI Jakarta sehingga melancarkan proses hukumnya. Dia juga berharap pihak-pihak terkait dengan kasus Formula E Jakarta agar bersikap kooperatif ketika dimintai keterangan atau konfirmasi untuk memperdalam informasi terkait.

Pada waktu sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri menegaskan pihaknya akan mengusut sampai tuntas kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ajang balap Formula E DKI Jakarta.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Dalami Kasus Dugaan Maling Uang Rakyat di Formula E, KPK Minta Saksi Tak Mencoba Lindungi Pihak Lain, Firli menjelaskan, jajarannya sedang bekerja dalam mengungkap kasus itu. Seluruh pihak yang nantinya diketahui terlibat akan diproses sesuai hukum.

“Pada prinsipnya, kami sungguh mendengar harapan masyarakat bahwa Indonesia harus bersih dari korupsi. Maka dari itu, kami sedang bekerja jadi mohon bersabar,” kata Firli.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta diwakili oleh Kepala Inspektorat Syaefulloh Hidayat beserta Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanesto menyerahkan dokumen Formula E ke penyidik KPK.

Adapun dokumen yang diserahkan Jakpro sebanyak 600 lembar halaman, sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman PMJ News.

Selain pihak Pemprov DKI, hadir pula anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bambang Widojanto dan Mantan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Pradja.

“Kami siap untuk bekerjasama penuh dalam memberikan informasi-informasi serta melaksanakan penugasan penyelenggaraan Formula E sesuai dengan koridor good corporate governance risk and compliance,” kata Widi, di Jakarta, Selasa, 9 November 2021.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X