Pemerintah Membolehkan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan Penerapan Protokol Kesehatan

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:53 WIB
ilustrasi kaligrafi (  zonabanten.pikiran-rakyat.com)
ilustrasi kaligrafi ( zonabanten.pikiran-rakyat.com)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Jakarta. Hari ini, 20 Oktober 2021, merupakan hari libur Maulid Nabi hasil pergeseran yang dilakukan oleh Pemerintah dari hari libur semula yang semestinya 19 Oktober 2021.

Sejumlah pihak mengkritik pergeseran hari libur itu, bahkan ada yang menuding pemerintah menghalangi peringatan Maulid Nabi.

Menanggapi tudingan miring itu, Pemerintah menegaskan tidak ada larangan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Penegasan itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Menurutnya, pemerintah tidak melarang perayaan ataupun menikmati hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Meski demikian masyarakat hendaknya untuk tetap bijaksana dalam memanfaatkan libur Maulid Nabi maupun ketika memperingati Maulid Nabi.

Menkoinfo Jhoni G Plate

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com yang berjudul Pemerintah Tegaskan Tidak Larang Perayaan Maulid Nabi, Menkominfo Johnny G Plate menekankan perlunya penerapan protokol kesehatan saat menikmati libur maulid Nabi maupun ketika merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw karena Pandemi Covid 19 belum berakhir.

"Disiplin protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan demi mencegah peningkatan kasus Covid-19 di kemudian hari," ujar Johnny, Selasa 19 Oktober 2021.

Menkominfo Johnny G Plate mengingatkan bahwa penerapan protokol kesehatan dan pembatasan kegiatan masyarakat saat Maulid Nabi Muhammad maupun libur Maulid Nabi bertujuan untuk mencegah terjadinya gelombang pandemi Covid-19 kembali.

"Tidak ada larangan untuk merayakan ataupun menikmati hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun, pemerintah meminta kebijaksanaan masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan mengurangi mobilitas pada hari libur itu," Ujar Johnny.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X