Dirjen Dukcapil Kemendagri akan membuatkan Kartu Keluarga Khusus Pasangan Nikah Siri

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:53 WIB
Prof  Zudan Arif Fakrulloh (dukcapil.kemendagri.go.id)
Prof Zudan Arif Fakrulloh (dukcapil.kemendagri.go.id)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN. Saat ini fenomena nikah siri di Indonesia kian marak. Hal itu memunculkan inisiasi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri untuk membuat Kartu Keluarga (KK) khusus bagi pasangan yang menikah secara agama atau nikah siri. Penerapannya, dalam KK khusus itu nantinya akan tertulis dengan keterangan 'kawin belum tercatat'.

Sebagaimana sudah diberitakan //blora.suaramerdeka.com/nasional/pasangan-nikah-siri-nantinya-akan-dibuatkan-kartu-keluarga-khusus, Ditjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif mengatakan,Peristiwa nikah siri akan dicatat. Nanti di Kartu Keluarga akan ada keterangan 'Kawin Belum Tercatat'.Sementara untuk pasangan yang menikah secara sipil akan diberi keterangan 'kawin tercatat' dalam Kartu Keluarganya.

Pembuatan kartu keluarga ini bertujuan agar pasangan yang bersangkutan mendapat perlindungan secara hukum. Selain itu, pencatatan nikah siri diharapkan dapat memberi payung hukum bagi anak keluarga tersebut.

Lebih lanjut Zudan memaparkan, di Indonesia orang yang menikah siri semakin banyak. Fakta itu yang harus diterima.

"Fenomena yang harus kita pahami dan kita harus sama-sama memiliki visi untuk melindungi istri yang menikah siri dan anak dari hasil perkawinan siri. Oleh karena itu, siapa pun Warga Negara Indonesia, datanya harus ada di dalam Kartu Keluarga," ucap Zudan.

Kemudian Zudan menegaskan, lebih dari itu semua KK khusus nikah siri itu diperlukan karena jenis administrasi kependudukan akan berinduk pada nomor induk kependudukan (NIK) yang bermula dari KK. (Tina) ***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Terkini

X