Jika Kena Tilang Elektronik, Begini Langkah-langkah Penyelesaiannya

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:18 WIB
Ilustrasi  (tangkapan layar you tube cak ikin)
Ilustrasi (tangkapan layar you tube cak ikin)

 

SUARA MERDEKA PEKALONGAN

Kena tilang elektronik? Nggak perlu panik, begini cara penyelesaianya.

Sebelum membahas bagaimana penyelesaiannya jika kena tilang elektonik, kita mesti paham dulu pa sih sebenarnya tilang elektronik itu?

Tilang elektronik atau pelanggaran digitalisasi yang disebut dengan E-tilang adalah denda yang dikenakan oleh penegak hukum yaitu polisi kepada pengguna/pemakai jalan yang melanggar peraturan tata tertib lalu lintas.

Mengapa disebut dengan tilang elektronik? Karena penertiban dilakukan dengan bantuan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yaitu sebuah teknologi untuk mencatat pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik yang dipasang di beberapa titik.

Pengendara yang melanggar tata tertib lalu lintas akan difoto oleh kamera pengawas. Selanjutnya identitas pemilik kendaran yang melakukan pelanggaran tersebut akan dilacak oleh petugas melalui plat nomornya.

Setelah terlacak alamatnya, petugas akan mengirim surat konfirmasi atau surat E-tilang ke alamat pemilik kendaraan melalui pos.

Datangnya surat E-tilang tak terduga yang terkadang membuat panik sipenerima surat E Tilang. Dari situ biasanya berbagai pertanyaan bermunculan mulai dari kok bisa aku ketilang? Ketilangnya dimana sih? Terus penyelasaian bagaimana? Bayar dendanya berapa? Tenang reader, kita kupas tuntas satu persatu.

Kok bisa aku ketilang? Bisa lah, kalau tidak taat aturan lalu lintas seperti tidak menggunakan helm bagi pengendara maupun penumpangnya, atau tidak taat rambu lalu lintas yang ada, maka bukan hal yang mustahil ketidaktaatan kita akan tertangkap kamera pengawas dan menjadi bukti kuat untuk penegak hukum melakukan sanksi tilang.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: berbagai sumber

Tags

Terkini

X