Irjen Teddy Minahasa Dituntut Hukuman Mati Atas Perkara Peredaran Sabu

- Kamis, 30 Maret 2023 | 14:29 WIB
mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa  (Koloase Okenarasi )
mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa (Koloase Okenarasi )

JAKARTA, pekalongan.suaramerdeka.com-Pembacaan tuntutan terhadap terdakwa Irjen Pol Teddy Minahasa dalam perkara peredaran sabu digelar Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat hari ini Kamis 30 Maret 2023.

Dalam sidang itu Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Teddy Minahasa dituntut dengan pidana hukuman mati oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Teddy Minahasa dengan pidana mati,” ujar Jaksa dalam persidangan di PN Jakarta Barat.

Baca Juga: Linda Dituntut 18 Tahun Penjara. Ini Perannya dalam Peredaran Sabu Terkait Irjen Teddy

Tim jaksa yang hadir dalam pembacaan tuntutan tersebut antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Iwan Ginting, Koordinator Bidang Pidum Kejati DKI Jakarta Jaksa Arya Wicaksana, dan juga Jaksa Paris Manalu.

Tuntutan JPU itu terkait keterlibatan terdakwa Irjen Teddy Minahasa dalam peredaran narkotika jenis sabu. Dalam perannya, selaku Kapolda Sumbar, Irjen Teddy disebut memerintahkan anak buahnya untuk menyisihkan sebagian barang bukti sabu di Sumatera Barat dan menukarnya dengan tawas.

Sabu tersebut kemudian dibawa anak buahnya ke Jakarta dan kemudian diedarkan kembali melalui beberapa perantara.

Beberapa orang yang terlibat dalam perkara tersebut yakni mantan Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, Syamsul Ma’arif , Linda Pujiastuti alias Anita Cepu, mantan Kapolsek Kalibaru Kompol Kasranto, mantan anggota Polsek Muara Baru Aiptu Janto Parluhutan Situmorang dan M Nasir alias Daeng.

Baca Juga: Penasehat Hukum Irjen Teddy Minahasa Nilai Dakwaaan JPU Tidak Jelas

Dalam perkara tersebut, terdakwa Teddy Minahasa didakwa Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 55 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. ***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X