Polres Tangerang Selatan Operasikan ELTE Mobile. Begini Cara Kerjanya

- Selasa, 6 Desember 2022 | 16:11 WIB
Polres Tangerang Selatan mulai memberlakukan kendaraan tilang elektronik atau ETLE secara mobile. (Foto: PMJ News/Istimewa)
Polres Tangerang Selatan mulai memberlakukan kendaraan tilang elektronik atau ETLE secara mobile. (Foto: PMJ News/Istimewa)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Tangerang. Tertib berlalu lintas menjadi keniscayaan bagi semua pengendara. Pasalnya di berbagai jalan sudah terpantau kamera pengawas Electronic traffic law enforcement (ETLE). Kamera ETLE tak hanya terpasang di sejumlah titik, tetapi juga ada yang bersifat nomaden dengan kendaraan ELTE mobile.

Penerapan ELTE mobile itu telah diterapkan di wailayah hukum Polres Tangerang Selatan (Tangsel). Pihaknya kini mulai memberlakukan kendaraan tilang elektronik atau Electronic traffic law enforcement (ETLE) secara mobile. Sistem ini bertujuan untuk mencegah pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga: Soal Tilang Elektonik, DKI Jakarta Dilengkapi 10 Kendaraan ELTE Mobile

"Per tanggal 5 Desember 2022, Satlantas Polres Tangsel sudah memberlakukan ETLE Mobile. Perangkat ETLE diletakan di mobil patroli Satlantas Polres Tangsel," ujar Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Dicky Sutarman dalam keterangannya, Selasa 6 Desember 2022.

Dicky menjelaskan, dalam pengoperasiannya ETE mobile ini akan menindak pelanggar lalu lintas dengan cara meng-capture secara otomatis. Selanjutnya, pelanggaran tersebut diverifikasi ke kantor dan selanjutnya dikirimkan kepada pelanggar.

"Nantinya, ETLE akan mencapture secara otomatis pelanggaran lalu lintas. Pelanggaran capture akan dikirimkan kepada kantor untuk melakukan verifikasi, kemudian akan dikirimkan lembar konfirmasi kepada pelanggar lalu lintas tersebut," tuturnya.

Menurut Dicky, dalam tahap awal pihaknya mengerahkan 8 personel untuk melaksanakan patroli ETLE mobile ini.

"Enam di antaranya ditempatkan back office dan sisanya berpatroli di mobil tilang elektronik," ucapnya.

Baca Juga: Korlantas Tak Akan Lakukan Tilang Manual, Tapi Menegur dan Edukasi ELTE

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X