Anggota DPRD DKI Jakarta Desak BPK Audit PT Transjakarta. Ini Pemicunya

- Kamis, 17 November 2022 | 22:49 WIB
Bus Trans Jakarta (pmjnews.com)
Bus Trans Jakarta (pmjnews.com)

SUARA MERDKA PEKALONGAN-Jakarta. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta harus melakukan audit PT Transjakarta. Pasalnya perseroan yang bergerak di bidang transportasi itu telah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) soal pengelolaan tiket penumpang.

Pendapat itu disampaikan Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo di laman gesuri.id dikutip Kamis 17 November 2022.

BPK harus audit total seluruh pengelolaan saldo dan adanya pemotongan, karena ini untuk public service (layanan publik) di Transjakarta,” ujar Rio.

Baca Juga: Dua Perusahaan Farmasi Jadi Tersangka Atas Kasus Gagal Ginjal Akut. Ini Ancamannya

Menurutnya audit dari BPK diperlukan untuk menemukan titik terang dari dugaan korupsi pada pemotongan saldo penumpang.

Meski tap-in dan tap-out merupakan kebijakan baru, namun Rio meminta kepada Transjakarta untuk bertanggungjawab jika ada pengaduan dari penumpang.

Salah satu caranya adalah mengembalikan saldo dana uang penumpang yang terpotong dua kali saat mereka naik Transjakarta.

“Pertama, dipastikan apakah peristiwa ini sebagai bentuk kesengajaan atau ketidaksengajaan. Kedua, harus ada mekanisme pengembalian pemotongan saldo kepada pengguna, bentuknya harus dirumuskan yang realistis dan tepat,” katanya.

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo/gesuri.id

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X