Polisi Sebut Bukan Granat yang Meledak di Gang Sempit, Tapi Flashbang

- Rabu, 28 September 2022 | 21:54 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Endra Zulpan. (PMJ News)
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Endra Zulpan. (PMJ News)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Tadi pagi sebuah granat kejut meledak di kawasan gang sempit pemukiman penduduk Jalan Tipar Timur, RT08/ RW04 Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara. Insiden yang terjadi pada Rabu, 28 September 2022 itu mengakibatkan seorang korban bernama Rahmat (19) luka-luka.

Kemudian pihak kepolisian melakukan olah di Tempat Kejadian Perkara dan mendalami benda yang meledak tersebut.

Hasilnya benda yang menimbulkan ledakan itu bukan granat kejut melainkan flashbang.Benda flashbang adalah salah satu properti untuk latihan. Kendati tidak berbahaya, namun penggunaan perlu keahlian khusus karena mengandung bahan peledak.

Baca Juga: Granat Meledak di Kawasan Gang Sempit Jakarta. Begini Kronologinya

Hal itu disapaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangannya, Rabu 28 September 2022.

Dia memastikan benda yang meledak dan melukai warga di Cilincing, Jakarta Utara bukan granat melainkan flashbang yakni salah satu properti latihan.

"Jadi benda yang meledak itu bukan granat, ya, tetapi flashbang. Lokasi penemuan flashbang ini merupakan alur lokasi pelatihan Brimob di KBN Cakung," ungkap Endra Zulpan

Lebih lanjut Zulpan mengatakan, flashbang adalah salah satu properti untuk latihan. Dia menyebut benda tersebut tidak berbahaya, namun perlu keahlian khusus dalam pengoperasiannya.

"Benda tersebut adalah properti latihan, tidak berbahaya. Tetapi memang membutuhkan ahli dalam pengoperasiannya yang fungsinya mengeluarkan suara ledakan, cahaya, dan asap putih. Hanya menimbulkan efek kejut," terangnya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X