Tujuh Amalan yang Disunahkan dalam Bulan Muharam. Simak Selengkapnya

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:47 WIB
50 link download Twibbon 1 Muharam 1444 H atau Tahun Baru Islam ((Foto: Gorajuara.com/dok: Pikiran Rakyat))
50 link download Twibbon 1 Muharam 1444 H atau Tahun Baru Islam ((Foto: Gorajuara.com/dok: Pikiran Rakyat))

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Hari ini, Sabtu 29 Juli 2022, umat Islam memasuki tahun baru Hijriyah, 1 Muharam 1444 H. Bulan Muharam merupakan salah satu bulan yang istimewa untuk melakukan banyak amalan.

Berikut ini sejumlah amalan Sunnah yang bisa dikerjakan dalam bulan Muharam 

1. Berpuasa 

Di bulan Muharram, terdapat dua puasa yang paling utama, yakni puasa sunnah Tasu'a  dan Asyura. Puasa tasu'a dilakukan pada 9 Muharam, sedangkan asyura pada 10 Muharam.

Baca Juga: Doa Minta Kesempurnaan di Dunia dan Akherat. Arab dan Latin Beserta Artinya

2. Bersedekah

Pada 1 Muharam disunahkan memperbanyak sedekah. Hal itu berdasarkan hadits Rosulullah SAW yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash, "Barangsiapa berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan berpuasa selama setahun, dan barangsiapa bershadaqah di hari ini, maka seakan-akan bershadaqah selama satu tahun." 

3. Menyenangkan Keluarga 

Dalam bulan Muharam disunahkan memuliakan keluarga dengan menambah kesenangan kepadanya. Hal ini didasarkan pada sebuah hadits dari Abi Sa'id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menyenangkan keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan memberikan kesenangan kepadanya (meluaskan rizkinya) di tahun-tahun berikutnya." (HR. Al-Baihaqi dan Ath-Thabarani) 

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X