Doa yang Dibaca Saat Ditimpa Masalah. Bersumber dari Imam AL Ghazali

- Jumat, 1 Juli 2022 | 09:01 WIB
Ilustrasi orang berdoa di bulan Dzulhijjah. (foto: pixabay)
Ilustrasi orang berdoa di bulan Dzulhijjah. (foto: pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia tak lepas dari permasalahan dan tantangan. Bahkan adakalanya permasalahan yang muncul sangatlah berat dan selalu membuat galau. Suasana hati tidak tenang yang diliputi rasa was-was. Celakaanya situasi itu akan menjeremuskan seseorang kepada tindakan yang tidak benar. Bagaimana untuk mengatasinya? Jawabannya adalah dengan berdoa.

Baca Juga: Doa Pagi yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW, Simak Selengkapnya

Dikutip dari laman NU Online, ada salah satu doa yang dapat dibaca ketika kita dirundung masalah. Doa itu diambl dari kitab Imam Al-Ghazali dari riwayat Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim sebagai berikut:

قال صلى الله عليه و سلم ما أصاب أحدا حزن فقال ذلك إلا أذهب الله همه وأبدله مكانه فرحا فقيل له يا رسول الله أفلا نتعلمها فقال صلى الله عليه و سلم بلى ينبغي لمن سمعها أن يتعلمها

Artinya: “Rasulullah saw bersabda, ‘Tidaklah orang yang dirundung sebuah masalah yang membuatnya sedih, lalu membaca doa itu, melainkan Allah akan menghilangkan kebimbangannya dan menggantikannya dengan kebahagiaan.’ Rasulullah ditanya, ‘Apakah tidak boleh kami mempelajarinya?’ ‘Tentu (boleh), seharusnya orang yang pernah mendengarnya mempelajari doa tersebut,’ jawab Rasulullah,” (HR Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim).

Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengatakan, riwayat hadits yang berisi doa ini telah diverifikasi oleh Al-Iraqi.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur : Arab, Latin Beserta Artinya. Simak Selengkapnya

Berikut ini isi doa yang perlu dibaca ketika kita dirundung oleh satu masalah kehidupan tertentu. (Imam Al-Ghazali, Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 409).

اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَائُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ القُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُوْرَ صَدْرِي وَجِلَاءَ غَمِّي وَذَهَابَ حُزْنِي وَهَمِّي

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X