Proyek Jalan Tol Semarang Demak Seksi 1 Terkendala Lahan. Begini Langkah Ganjar

- Jumat, 25 November 2022 | 22:39 WIB
Salah satu ruas jalan tol Semarang Demak seksi II yang dibuka fungsional. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)
Salah satu ruas jalan tol Semarang Demak seksi II yang dibuka fungsional. (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Proyek jalan Tol Semarang-Demak memiliki panjang 26,95 kilometer yang terdiri atas 2 seksi yang dibangun melalui skema Kerja Sama Badan Usaha dengan Pemerintah (KPBU).

Proyek jalan tol Semarang-Demak Seksi 1 menghubungkan Semarang/Kaligawe-Sayung sepanjang 10,64 kilometer. Seksi 1 ini merupakan porsi pemerintah dengan menggunakan APBN sebesar Rp10 triliun.

Adapun Seksi 2 yang menghubungkan Sayung-Demak sepanjang 16,31 kilometer menjadi porsi PT PP Semarang Demak dengan biaya konstruksi Rp 4,7 triliun.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

Seksi 2 Tol Semarang Demak sudah selesai dibangun dan telah beroperasi, sedangkan seksi 1 belum mulai dibangun karena terhambat kendala pembebasan lahan. Pasalnya ada warga yang menolak lahannya dibebaskan untuk proyek tol itu. Penolakan itu terkait dengan perdebatan tanah musnah, dan uang ganti rugi atau uang kerohiman.

Menyikapi masalah itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku pihaknyaa telah membentuk tim khusus.

Hal tersebut diungkapkan Ganjar Pranowo, usai membuka Musyawarah Nasional XIX Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin) di Novotel Hotel, Surakarta, Jumat 25 November 2022. Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengikuti rapat koordinasi bersama Menko Marves serta kementerian terkait proyek tersebut.

“Tentu kita harus segera membereskan, karena waktu satu tahun setelah putusan dari pengadilan atas gugatan masyarakat ini penting untuk segera kita tindak lanjuti, agar tidak terlambat,” kata Ganjar.

Baca Juga: Presiden Prancis Emmanuel Macron Sapa Warga dan Gendong Bocah di Pinggir Jalan

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X