Warga Desa Larangan Kabupaten Brebes Gotong Royong Atasi Stunting

- Rabu, 2 November 2022 | 21:05 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo di Posyandu Desa Larangan Brebes/jatengprov.go.id
Gubernur Ganjar Pranowo di Posyandu Desa Larangan Brebes/jatengprov.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Brebes. Stunting anak menjadi masalah serius yang terdapat di berbagai daerah dan tersebar di banyak desa. Beragam cara dilakukan oleh berbagai pihak terkait untuk menurunkan angka stunting anak.

Desa Larangan di Kabupaten Brebes mengoptimalkan gotong royong untuk menurunkan angka stunting. Selain membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang dibiayai dana desa, di sana juga punya program bapak asuh anak stunting dengan anggaran swadaya. Selain itu ada program Dashat, yakni Dapur Sehat Atasi Stunting.

Baca Juga: Angka Stunting di Kabupaten Batang Masih Tinggi. Pj Bupati Bentuk Tim

Kekompakan warga dan semangat gotong royong di Desa Larangan itu efektif menurunkan angka stunting. Tak heran hal itu mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi kegiatan Posyandu di desa itu, Rabu 2 November 2022.

“Saya senang melihat kekompakan warga mengatasi stunting. Di Brebes ini karena potensi stuntingnya tinggi, maka kerja kita mesti lebih keras lagi, lebih sistematis lagi. Tapi melihat ini, saya percaya penanganan stunting berjalan baik,” kata Ganjar.

Ditambahkan, berdasarkan informasi yang didapat, sosialisasi mengenai pencegahan stunting di desa itu terus dilakukan. Baik pada ibu hamil, menyusui, bahkan pasangan yang akan menikah. Saat mengecek kegiatan Posyandu itu, Ganjar menemukan ada pasangan yang akan menikah dan tengah menjalani assessment.

“Tadi dikasih contoh saya senang, dua anak muda yang mau menikah. Mereka dicek, ya cek darah, tensi, dan lainnya. Perempuannya biasanya ada anemia dan dikasih vitamin. Artinya sebenarnya pemerintah mulai dari desa, kecamatan juga, terus kemudian di Puskesmas, mereka semua bisa memberikan informasi yang benar,” ucapnya.

Baca Juga: Biaya Pembuatan dan Perpanjangan SIM Terbaru yang Ditetapkan Kapolri

Lebih lanjut Ganjar mengatakan untuk yang masih ada masalah sudah ada program yang dilakukan. Mereka dengan cepat melakukan penanganan baik, sejak dalam kandungan maupun saat sudah melahirkan.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X