Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri, Gubernur Ganjar Sampaikan 3 Pesan

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 21:59 WIB
Gubernnur Ganjar usai Upacara Peringatan Hari Santri di Jepara / gesuri.id
Gubernnur Ganjar usai Upacara Peringatan Hari Santri di Jepara / gesuri.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jakarta. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Lapangan Bandengan, Kabupaten Jepara, Sabtu 22 Oktober 2022.

Dalam amanatnya, Gubernur Ganjar menyampaikan tiga pesan kepada para santri.

Pertama, kata Ganjar, para santri harus ikut berupaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan melek teknologi digital yang sudah dibuktikan dengan banyaknya pondok pesantren yang mengembangkannya.

Baca Juga: 1.000 Santri Seluruh Indonesia Mendapat Pelatihan Keamanan Siber

Kedua, para santri, lanjut dia, harus mampu bertani secara mandiri agar mampu berkontribusi terhadap ketahanan dan kedaulatan pangan.

"Dan ketiga, santri harus inovatif serta santri kreatif yang bisa juga mencari solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan lokal terhadap energi," ujarnya.

Menurut Ganjar, ketiga hal itu dapat menjadi landasan bagi santri untuk mempertahankan NKRI sesuai dengan zamannya saat ini.

"Kalau dulu bawa bambu runcing sekarang pakai akal, pakai pikiran pakai jejaring. Dan paling saya suka tadi dari deklarasinya para santri ini sungguh moderat. Bagaimana menjaga NKRI," tegasnya.

Baca Juga: Pimpin Upacara Hari Santri, Menag Yaqut Ungkap Kiprah Kaum Santri

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: gesuri.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X