Stand UMKM Expo Jateng di Makasar Cetak Transaksi Rp 1 Miliar Lebih

- Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:53 WIB
Stand UMKM Expo Jateng di Makasar / jatengprov.go.id
Stand UMKM Expo Jateng di Makasar / jatengprov.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Makasar. Produk dan komoditas Jawa Tengah diminati pasar nasional. Salah satu buktinya, Deskranada Jateng mampu mencetak transaksi Rp 1 miliar di hari kedua ajang UMKM EXPO 2022 di Makassar. Nilai itu sudah melampaui target. Angkanya bertabah jika digabung dengan transaksi repeat order dan MoU.

Informasi itu diungkapkan Sekretaris Dekranasda Jateng, Ema Rachmawati di laman jatengprov.go.id dikutip pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Baca Juga: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas : Santri Tak Boleh Merasa Istimewa

Menurutnya, transaksi yang besar disumbang pembelian dari buyer besar.

Sebagai contoh, Ema menunjuk Haye Batik Pekalongan yang mendapat kontrak kerja sama selama lima tahun. Dalam kontraknya, per minggu Haye Batik harus memasok 6.000 pakaian. Jika dihitung nilainya mencapai Rp400 juta per minggu.

“Ia jadi main distributor (distributor utama), tidak boleh dijual ke yang lain. (Transaksinya) gede-gede ini, pada nggak ngira,” katanya.

Lebih lanjut Ema mengungkapkan, meski jarang pengunjung, tapi stand Jateng malah didatangi primer customer yang notabene pembeli besar.

Baca Juga: Baznas Kabupaten Batang Serahkan Bantuan Perbaikan RTLH untuk 16 Unit

Ema menunjuk contoh, ada pengunjung yang langsung memborong 200 biji peniti, sebelum pameran dibuka. Aksi borong juga terjadi di sejumlah stand, seperti aksesoris, tas, bahkan batik ready to wear.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X