Sembilan Perusahaan di Jepara Pekerjakan 488 Orang Penyandang Difabel

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 11:34 WIB
Ilustrasi Pabrik (Ghina Atika)
Ilustrasi Pabrik (Ghina Atika)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Jepara. Sembilan perusahaan di Kabupaten Jepara mempekerjakan penyandang difabel. Antara lain PT Kanindo Makmur Jaya 1, PT Kanindo Makmur Jaya 2, PT Kobeks, PT Samwon Busana Indonesia, PT Furnindo Internasional, PT Sami Yazaki, dan PT Jiale Indonesia Textile, PT Parkland World Indonesia Jepara dan PT Starcam Apparel Indonesia.

Kebijakan perusahaan itu bentuk implementasi dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016, yang mewajibkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan minimal satu persen dari jumlah pekerja untuk penyandang difabel.

Baca Juga: Sebanyak 497 Guru PPPK Kabupaten Jepara Terima SK. Ini Pesan Bupati Andi

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa Edy Marwoto menyampaikan, dari sembilan perusahaan tersebut, sebanyak tujuh perusahaan sudah memenuhi aturan yakni 1 persen, sedangkan sisanya belum.

Kendati demikian pihaknya mengapresiasi sembilan perusahaan tersebut. Lebih-lebih secara akumulatif pekerja difabel sudah mencapai 1 persen dari total karyawan di Jepara.

" Berdasar data dari Diskop UKM Nakertrans, dari total 43.566 (orang) pekerja di sembilan perusahaan swasta tersebut, 488 orang diantaranya penyandang disabilitas,” jelas Edy.

Baca Juga: Keturunan Indonesia Jadi Pembalap Formula 1 untuk Perkuat AlphaTauri

Dari data tersebut, lanjut Edy, berarti jumlah pekerja penyandang disabilitas sudah mencapai 1,12% dari keseluruhan pekerja. Hal ini sudah sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 2016.***

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X