Ganjar : Jawa Tengah Tengah Akan Punya Perda Pesantren, Ini Manfaatnya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 23:23 WIB
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah (foto/suara jawa tengah)
Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah (foto/suara jawa tengah)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Menjelang puncak HUT RI ke 77, kalangan pondok pesantren di Jawa Tengah mendapatkan kabar bahagia. Lantaran saat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penyelenggaraan pesantren di Jawa Tengah memasuki tahap lanjutan.

Terkait raperda itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan jika raperda disahkan, Pemprov dapat segera turut andil memfasilitasi pesantren.

Baca Juga: 105 Pondok Pesantren akan Punya Badan Usaha Bisnis. Ini Tujuannya

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengikuti rapat terkait Raperda Fasilitasi dan sinergitas penyelenggaraan pesantren di Jateng dengan agenda pembentukan pansus di Ruang Rapat Paripurna, DPRD Jateng, Selasa 16 Agustus 2022.

“Kita sudah sepakat, jadi ada Undang-undang Pesantren, dan daerah mesti memfasilitasi itu. Maka, pemerintah dari eksekutif maupun legislatif sudah bersepakat untuk segera membuat Perdanya,” ujar ganjar.

Lebih lanjut Ganjar berharap, adanya Perda Pesantren akan menyejajarkan lembaga pendidikan pesantren dengan pendidikan formal lainnya.

“Nilai-nilai yang diajarkan di sana betul-betul bisa masuk ke dalam satu sistem pendidikan yang lebih baik, lebih bermutu, dan lebih berkualitas, tapi punya kekhasan,” katanya.

Keberadaan pesantren, imbuh Ganjar, tidak bisa dikesampingkan. Pesantren saat ini membutuhkan perhatian lebih banyak, sehingga tak hanya mengajarkan soal agama, tapi santrinya kelak juga punya life skill serta ilmu yang lebih baik.

“Praktiknya ini Pak Wagub. Ini sudah berapa pesantren di Rembang yang beliau juga mengajar di sana, menyiapkan di sana, dan sekarang mengembangkan ekonomi pesantren. Beliau ini contoh praktik dari pemerintah yang ada di Jawa Tengah, dan sudah berjalan. Mudah-mudahan anak-anak kita yang mondok itu, juga bagian dari cara kita menyiapkan SDM yang bagus,” bebernya.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X