Warga Papua dan Beragam Suku di Indonesia Rayakan HUT Jateng 72

- Senin, 15 Agustus 2022 | 21:05 WIB
HUT Jateng 72dirayakan semua suku di Indonesia / jatengprov.go.id
HUT Jateng 72dirayakan semua suku di Indonesia / jatengprov.go.id

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Upacara peringatan HUT ke-72 Provinsi Jawa Tengah kental dengan bhineka tunggal ika. Para peserta yang hadir di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah itu berasal dari beragam etnis nusantara yang ada di Jawa Tengah. Mereka datang mengenakan pakaian adat dan membawa hadiah berbagai makanan khas, untuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Salah satu etnis yang hadir di sana merupakan warga dari Papua. Kehadirannya menjadi perhatian publik. Kehadiran mereka dalam HUT Jateng itu didorong oleh rasa memiliki Jawa Tengah.

Baca Juga: Daftar Nama 68 Anggota Paskibraka yang Dikukuhkan Presiden Jokowi

Hal itu disampaikan Pembina Keluarga Besar Papua di Jawa Tengah, Markus Romera. Menurutnya, seluruh masyarakat Papua di Jawa Tengah memiliki rasa memiliki atau dalam istilah bahasa Jawanya handarbeni. Artinya mereka menganggap Jawa Tengah dan Indonesia sudah menjadi rumah sendiri selain kampung halamannya.

“Di manapun kita berada harus sama-sama menjaga kelestarian, keamanan, dan ketertiban. Kita ikut handarbeni atau ikut memiliki. Kita warga Papua yang ada di sini juga ikut memiliki Jawa Tengah, seperti rumah kita sendiri, Kota Semarang rumah kita sendiri, Indonesia rumah kita sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Markus menyampaikan semua orang tidak boleh membedakan-bedakan dan harus membaur menjadi satu, karena dengan itu semua menjadi mudah dalam menjalin persatuan.

“Kita dari Sabang sampai Merauke ini bersaudara, tanpa membedakan suku, etnis, agama, dan lainnya. Kita harus membaur seperti kata Gubernur Ganjar Pranowo. Kami berharap Jawa Tengah terus maju dan kami yang dari Indonesia Timur dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Jawa Tengah,” ungkapnya.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Kukuhkan Anggota Paskibraka, Begini Prosesinya

Sementara itu selaku sohibul hajat, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan kebahagiaannya atas kehadiran banyak pihak di HUT Jateng ke 72.

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jateng.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X