Di Jawa Tengah Tersedia 299 Ribu Hewan Kurban untuk Idul Adha 2022. Cukupkah ?

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 22:47 WIB
Ilustrasi hewan kurban (Pixabay)
Ilustrasi hewan kurban (Pixabay)

SUARA MERDEKA PEKALONGAN-Semarang. Provinsi Jawa Tengah memiliki 399.302 ekor hewan kurban untuk memenuhi kebutuhan hari raya Idul Adha 2022. Jumlah itu melebihi potensi kebutuhan kurban yang diperkirakan 372.682 ekor. Artinya saat ini masih ada surplus 26.620 ekor hewan kurban di Jawa Tengah.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jateng Agus Wariyanto.

“Provinsi Jateng terus berupaya menjaga baik kualitas dan kuantitas baik. Tahun ini kebutuhan sekitar 373 ribu, siapkan sekitar 400 ribu, jadi surplus sekitar 27 ribu. Dan itu kita harus kirim juga ke Jabar untuk menyuplai daerah yang kekurangan hewan kurban,” paparnya, Kamis, 7 Juli 2022.

Baca Juga: Walikota Surabaya : Pemotongan Hewan Kurban di Luar RPH Harus Ijin Camat. Ini Alasannya

Tak hanya itu, Agus memastikan pihaknya terus melakukan penyehatan kembali hewan ternak yang terindikasi PMK.

Berdasar data Disnakkeswan Jateng,5 Juli 2022, hewan yang terduga mengalami gejala PMK sejumlah 37.040 ekor. Sebanyak 300 di antaranya dinyatakan positif PMK, melalui uji medis. Dari jumlah hewan terduga PMK 12.023 ekor dinyatakan membaik, sisa kasus 24.334 ekor, dipotong 434 ekor, dan mati 249 ekor.

Dia mengatakan, berdasarkan Fatwa MUI, ada dua jenis sapi yang terkena PMK, yang berat dan yang ringan. Kalau yang ringan masih bisa dijadikan hewan kurban dan sah. Adapun yang mengalami kesakitan berat hingga tidak bisa berdiri, kuku copot, pincang tidak diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban.

Ia juga mengingatkan, agar saat membeli hewan kurban meneliti betul ciri-ciri fisik hewan terkena PMK. Di antaranya mulut berlendir, timbul luka (lesi) di lidah, lepuh di mulut, gusi, enggan makan, dan ada luka di tracak kaki ternak.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Solat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta

Halaman:

Editor: Haryoto Bramantyo

Sumber: jatengprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X